Profil Abdel Achrian - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Abdel Achrian

Abdel Achrian

Jakarta, 27 September 1970
s/d
Sekarang
https://thumb.viva.co.id/media/frontend/tokoh/2017/09/22/59c4df034a5a9-abdel-achrian-ql_324_116.jpg
Riwayat

Dunia hitam menjerat dirinya dalam keterpurukkan. Abdel bangkit menjadi penyiar dan mengantarkannya ke dunia hiiburan. Ia dikenal sebagai artis komedian.

Pria kelahiran Jakarta, 27 September 1970 ini memiliki darah Minangkabau. Ia besar dengan keluarganya di ibukota Jakarta. Sebelum menjadi artis terkenal, ia pernah mengalami biadabnya dunia narkoba.

Peristiwa itu terjadi saat lulus kuliah dari Fakultas Hubungan Internasional, Universitas Indonesia (UI). Abdel mencoba narkoba jenis putaw hingga ketergantungan. Selama 6 tahun, sejak 1994, dirinya tak bisa keluar dari jeratan narkoba.

Setiap ia ingin keluar, tubuhnya selalu terasa sakit. Tentu saja kejadian ini membuat orang tua Abdel kecewa. Meski demikian, pihak keluarga jugalah yang memberikan dorongan terbesar agar Abdel bisa sembuh.

Abdel telah kehilangan koneksi, tabungan, dan pekerjaan. Sehingga, pria berkaca mata ini pun mulai menata hidupnya lagi dari nol. Abdel baru bisa terjun ke tengah masyarakat lagi pada tahun 2003 silam.

Berawal dari radio, Abdel pun mendapat kesempatan bermain dalam sitkom Abdel dan Temon bersama Simson Rarameha. Lewat acara inilah, dirinya mulai dikenal masyarakat. Serial komedi tersebut laris manis di pasaran, bahkan sampai dibuat beberapa sekuelnya.

Abdel juga menjajal dunia presenting dengan menjadi pembawa acara rohani Mamah dan Aa Beraksi bersama ustazah Mamah Dedeh di ANTV. Duetnya dengan ustazah yang punya gaya tertawa unik ini pun terus berlanjut di acara berikutnya bertajuk Hati ke Hati bersama Mamah Dedeh.

Selain itu, Abdel juga sempat bermain dalam sinetron Tukang Bubur Naik Haji (TBNH) the Series sebagai Nelan, paman dari Haji Sulam yang juga merupakan suami Ncum.

Sebelum bermain dalam TBNH, Abdel awalnya menolak untuk ikut screentest karena dia trauma sering gagal di sini. Namun, berkat dorongan sang manager, akhirnya ia mengikuti screentest tersebut hingga lolos dan mendapatkan peran.

Tak berhenti sampai di sana, Abdel dan Mongol pun berkolaborasi menciptakan buku komedi bertajuk Abdel & Mongol: It's Real, Man! yang bercerita tentang kisah hidup mereka berdua diambil dari sisi jenaka.

Abdel pun terjun sebagai komika dalam Stand Up Comedy Indonesia yang sempat tayang di Metro TV. Lalu, ia didaulat sebagai juri komentar di Stand Up Comedy Academy yang tayang di Indosiar yang tayang tahun 2017.

Di tengah boomingnya tayangan stand up comedy semakin meningkatkan popularitas Abdel di layar kaca. Kehidupan peribadinya pun juga banyak berubah apalagi hampir 12 tahun ia bersama Mamah Dedeh dalam program religi.(AC/DN) (Photo: Instagram/ Abdel Achrian)


PENDIDIKAN
Hubungan Internasional, Universitas Indonesia

KARIER
Situasi Komedi
Abdel dan Temon
Bukan Abdel dan Temon Biasa
Abdel dan Temon Masih Bukan Superstar (Global TV)
Stand Up Comedy Indonesia (Metro TV)
Stand Up Comedy Show (Indosiar)

Presenter
Mamah dan Aa Beraksi (2008-Sekarang)
Hati ke Hati bersama Mamah Dedeh (2011-2013)
Akademi Sahur Indonesia (2014-Sekarang)

Sinetron
Tukang Bubur Naik Haji The Series