Profil Dara The Virgin - VIVA
Download Our Application
A Group Member of VIVA
img-thumb

viva.co.id

PROFIL

   

S

Dara The Virgin
9 Agustus 1991 - Sekarang

PROFIL TOKOH

Nama lengkap

:
Dara The Virgin

Profesi

:
seniman

Tempat / Tgl Lahir

:
Tasikmalaya, Jawa Barat, 9 Agustus 1991

Karya / Prestasi

:

Inbox Awards 2009 – Video Klip Nomor Satu Terlama
Inbox Awards 2009 – Pendatang Baru Paling Banyak Direquest
SCTV Music Awards 2010 – Pendatang Baru Duo/Group Terfavorit
Dahsyatnya Awards 2010 – Duo/Group Terdahsyat
Nagaswara Music Awards 2010 – Group Vokal/Duo/Trio Pendatang Baru Terbaik
Nagaswara Music Awards 2011 – The Best Video Clip ("Demi Nama Cinta")
Sahabat Music Award 2011 – Most Favorite Girls Group
Penghargaan Wali Kota Tasikmalaya 2012 – Putri Tasikmalaya Berprestasi 

Gagal dalam lomba menyanyi tak membuat Dara menyerah. Ia pun bergabung dengan band besutan Ahmad Dani dan berujung kesuksesan.

Dara Rizki Ruhiana atau lebih akrab disapa Dara mulai dikenal masyarakat setelah bergabung dengan duo The Virgin besutan Ahmad Dhani. Ia dipasangkan dengan gadis tomboy bernama Mitha. Mereka mengawali debutnya dengan single Cinta Terlarang.

Dara lahir di Tasikmalaya, 9 Agustus 1991. Ia merupakan anak sulung dari tiga bersaudara dari pasangan Asep Ruhiat dan Nunung Mardiana. Karier bermusiknya dimulai sejak duduk di SMA Al-Muttaqin. Dara terlibat sebagai panitia pensi (pentas seni) di sekolahnya dengan mengundang sejumlah band Indie salah satunya Chronic.

Dara menjajal kemampuan olah vokalnya juga bersama band Chronic sebagai backing vocal. Karena sadar kemapuannya masih jauh dari sempurna, Dara pun ikut les vokal di Reka Vocalia atas saran teman-temannya di band.

Setelah 3 bulan, Dara dan ibunya ikut ajang pencarian bakat Mamamia Show 2008 yang tayang di Indosiar. Di ajang tersebut, gadis berparas cantik ini bertemu dengan musisi kawakan Ahmad Dhani yang juga bertindak sebagai juri.

Sayangnya, Dara yang saat itu berumur 17 tahun, dan ibunya gugur dari sembilan besar. Ahmad Dhani pun tidak tinggal diam. Ia mengenalkan Dara dengan Mitha dan lahirlah The Virgin. Mereka mengawali debutnya dengan single Cinta Terlarang dan langsung naik daun.

Bersama The Virgin, Dara berpartisipasi dalam pembuatan album kompilasi New Beginning 09 yang juga membuat single perdana mereka. Lagu The Virgin memenangkan 2 nominasi di Inbox Awards, yaitu Pendatang Baru Paling Direquest dan Video Klip Terlama di Posisi 1.

Pada tahun 2011, Dara dan Mitha merilis album perdana mereka bertajuk Yes I Am dengan 9 lagu di dalamnya. Selang 3 tahun, mereka kembali menelurkan album kedua bertajuk Positive Negative. Di album ini, Dara berperan juga sebagai pencipta sekaligus arranger lagu mereka.

Namun sayangnya, setelah perilisan album kedua, Dara dan Mitha justru memutuskan untuk hiatus dari The Virgin. Dara mengembangkan karier solonya, sedangkan Mitha memiliki side project bersama Citra dengan nama Black Champagne.

Dara mengawali solonya dengan single Pujaan Hatiku yang liriknya ditulis oleh Posan Tobing. Sedangkan dari segi genre, Dara menambahkan sentuhan Melayu dalam musiknya.

Dalam hal asmara, Dara dikabarkan dekat dengan Tyo Anak Bintang yang merupakan personil boyband Super 9 Boyz. Kedekatan mereka telah terjalin sejak 2015. Tyo pun tidak ragu memosting fotonya dengan Dara di akun Instagram miliknya. (AC/DN) (Photo: Instagram/darathevirgin)

KELUARGA
Orang Tua            : Asep Ruhiat dan Nunung Mardiana

KARIER
Diskografi
Bersama The Virgin
New Beginning 09 (2009)
Yes I Am! (2011)
Positive Negative (2014)

Single
Pujaan Hatiku (2017)

Fimografi
Pengantin Sunat (2010)
Kok Putusin Gue (2015)
The Promise (2017)

FTV
Cinta Terlarang (2011)
Love 1/2 Mati (2012)
Demi Nama Cinta (2012)
Belahan Jiwa (2012)
Sayangku Disini (2012)
100 Hati Buat Zaki (2012)