Download Our Application
A Group Member of VIVA
img-thumb

viva.co.id

PROFIL

   

S

Judika
31 Agustus 1978 - Sekarang

PROFIL TOKOH

Nama lengkap

:
Judika

Profesi

:
seniman

Tempat / Tgl Lahir

:
Dairi, Sumatera Utara, 31 Agustus 1978

Karya / Prestasi

:

Karya Produksi Kolaborasi Terbaik lewat lagu Sampai Akhir bersama Duma, Anugerah Musik Indonesia (2014)
Male Singer of the Year, Indonesian Choice Awards (2015)
Lagu Paling Terseleb lewat lagu Sampai Kau jadi Milikku, Selebrita Awards (2015)
Artis Lelaki Terbaik lewat lagu Apakah Ini Cinta, Anugerah Planet Muzik (2015)

Ikut ajang Indonesian Idol membuka jalan Judika ke industri hiburan. Meski bukan pemenangnya, ia sukses di pangung musik Indonesia dengan beragam penghargaan.

Pria kelahiran Sidikalang, Dairi, Sumatera Utara pada 31 Agustus 1978 ini merupakan anak keenam dari tujuh bersaudara. Ia suka menyanyi sejak duduk di SD Inpres di Brastagi, Sumatera Utara. Bahkan Judika sempat membuat grup vokal bersama 3 kawannya bernama Roy, Juneidi, dan Jonathan.

Bersama grup vokal tersebut, Judika sempat tampil di hotel bintang 5 di daerah tempat tinggalnya. Tak sampai di sana, Judika juga mengasah bakatnya lewat ajang Bahana Suara Pelajar. Ia didapuk sebagai juara pertama tingkat Sumatera Utara dan ketiga tingkat nasional.

Karier profesional pria bersuara tenor ini diawali saat mengikuti ajang pencarian bakat menyanyi Indonesian Idol musim kedua. Dengan suaranya yang serak-serak basah dan berpower, Judika berhasil melenggang maju hingga memenangkan posisi kedua setelah Mike Mohede.

Bersama finalis Indonesian Idol lainnya, Judika turut mengisi album kompilasi Seri Cinta yang rilis tahun 2005.

Selang dua tahun dari perhelatan Indonesian Idol yang dia ikuti, Judika merilis album perdananya bertajuk One dengan 10 lagu di dalamnya. Lewat lagu Bukan Rayuan Gombal dan Malaikat, nama Judika semakin melejit.

Pada tahun 2010, Judika menelurkan album keduanya bertajuk Setengah Mati Merindu dengan 10 single di dalamnya. Lagu yang dijagokan lewat album ini yaitu Setengah Mati Merindu dan Aku yang Tersakiti.

Tak hanya sukses di dalam negeri, kedua single itu juga sukses menduduki chart nomor 1 RBT di Malaysia. Lewat prestasinya ini, Judika pun mendapatkan anugerah Multiplatinum Award dari Sony Music Entertainment Indonesia.

Lewat lagu Aku yang Tersakiti juga, Judika didapuk sebagai Artis Lelaki Terbaik, Anugerah Planet Muzik pada 2013.

Tak hanya menjadi solois, Judika juga sempat bergabung dengan Mahadewa besutan musikus Ahmad Dhani dan pernah merilis album bertajuk Past to Present.

Pada tahun 2013, Judika merilis album bertajuk Mencari Cinta dengan 15 lagu di dalamnya. Single utama yang diandalkan dalam album ini yaitu Mama Papa Larang.

Lewat lagu tersebut, Judika dianugerahi Artis Lelaki Terbaik Inbox Awards 2014.

Lagu kolaborasinya bersama Duma yang bertajuk Sampai Akhir pun memenangkan dua kategori sekaligus yaitu Kolaborasi Pop Terbaik dan Karya Produksi Kolaborasi Terbaik oleh Anugerah Musik Indonesia 2014.

Judika dan Sony Music Entertainment Indonesia juga menggandeng KFC untuk mendistribusikan album ini ke gerai-gerai KFC seluruh Indonesia.

Selang setahun, ayah dua anak ini menelurkan album Hati & Cinta dengan lagu andalan Apakah Ini Cinta dan kembali didapuk sebagai Artis Lelaki Terbaik, Anugerah Planet Muzik 2015.

Selain itu, pria yang mampu menjangkau 3 oktaf dengan suara rocknya ini juga berakting sebagai pemeran pendukung di beberapa film layar lebar yaitu The Tarix Jabrix 2, Crazy Love, dan Toba Dreams.

Sedangkan dalam film Si Jago Merah dan Si Jago Merah 2: Air & Api, Judika memperoleh peran cukup penting sebagai Rojak.

Dalam hal asmara, Judika menikah dengan Duma Riris Silalahi dan telah dikaruniai dua orang anak bernama Cleo Deomora Sihotang dan Judeo Volante Sihotang.

Awalnya, hubungan mereka berdua tidak direstui oleh orang tua Duma karena perbedaan profesi. Namun, pada akhirnya orang tua Duma bisa luluh setelah mereka menjalani hubungan kurang lebih 5 tahun.

Setelah sempat merilis album The Best of Judika, pada tahun 2017 Judika merilis album self-titled dengan lagu andalan Jadi Aku Sebentar Saja.

Pasar menyambut positif atas karya Judika. Sejumlah penghargaan diraihnya. Perjalanannya setelah ajang Indonesian Idol, 12 tahun lalu, makin mematangkan kualitas Judika di pentas musik Indonesia.

Berkat pengalamannya juga, Judika didapuk sebagai salah satu juri untuk ajang Indonesian Idol 2017. Ia bergabung bersama juri lainnya  Ari Lasso, Armand Maulana, Maia Estianty, dan Bunga Citra Lestari. (AC/DN) (Photo: Instagram/jud1ka)


KELUARGA
Istri                : Duma Riris Silalahi
Anak             : Cleo Deomora Sihotang
????        Judeo Volante Sihotang

KARIER
Diskografi
Seri Cinta (2005)
One (2007)
Setengah Mati Merindu (2010)
Mencari Cinta (2013)
Hati & Cinta (2014)
The Best of Judika (2015)
Judika (2017)

Filmografi
Si Jago Merah (2008)
The Tarix Jabrix 2 (2009)
Crazy Love (2013)
Si Jago Merah 2: Air & Api (2015)
Toba Dreams (2015)

PENGHARGAAN
Aktor Pendatang Baru Terbaik lewat film Si Jago Merah, Indonesian Movie Awards (2009)
Artis Lelaki Terbaik lewat lagu Aku yang Tersakiti, Anugerah Planet Muzik (2013)
Penyanyi Solo Pria Paling Inbox, Inbox Awards (2014)
Artis Lelaki Terbaik lewat lagu Mama Papa Larang, Inbox Awards (2014)
Kolaborasi Pop Terbaik lewat lagu Sampai Akhir bersama Duma, Anugerah Musik Indonesia (2014)
Karya Produksi Kolaborasi Terbaik lewat lagu Sampai Akhir bersama Duma, Anugerah Musik Indonesia (2014)
Male Singer of the Year, Indonesian Choice Awards (2015)
Lagu Paling Terseleb lewat lagu Sampai Kau jadi Milikku, Selebrita Awards (2015)
Artis Lelaki Terbaik lewat lagu Apakah Ini Cinta, Anugerah Planet Muzik (2015)