Download Our Application
A Group Member of VIVA
img-thumb

viva.co.id

PROFIL

   

S

Denada
19 Desember 1978 - Sekarang

PROFIL TOKOH

Nama lengkap

:
Denada

Profesi

:
seniman

Tempat / Tgl Lahir

:
Jakarta, 19 Desember 1978

Karya / Prestasi

:

International Viewer's Choice Award for MTV Asia 1995
Artis Solo Dangdut Kontemporer, Anugerah Musik Indonesia 2005

Mengikuti jejak ibunya, Denada menjadi penyanyi. Dengan gaya energik, ia sempat dijuluki ratu rap Indonesia. Belakangan, ia berganti-ganti jenis musik, mulai dangdut, R&B, hingga rap kembali.

Pemilik nama lengkap Denada Elizabeth Anggia Ayu Tambunan ini adalah putri dari seorang penyanyi terkenal era 1970-an Emilia Contessa dan pejabat Rio Tambunan.

Wanita kelahiran Jakarta, 19 Desember 1978 ini pada awalnya dikenal sebagai rapper papan atas yang booming di era 1990-an. Dengan image seorang rapper, Denada telah merilis 2 album yaitu Kujelang Hari (Sambutlah) pada 1994 dan Ini Album Gue rilis tahun 1997. Lewat lagu Sambutlah, Denada mendapatkan penghargaan International Viewer's Choice Award, MTV Asia 1995.

Namun, Denada meninggalkan karier cemerlangnya demi mengejar pendidikan di Australia. Sekembalinya dari Australia, Denada ingin mengulang kesuksesan sebelumnya dengan warna yang berbeda.

Ia banting stir ke aliran dangdut. Beberapa album dangdut yang pernah ditelurkannya yaitu Matahari, Mae, ST. dan One Stop Dangdut. Karya musik dangdutnya bahkan pernah mendapatkan penghargaan Anugerah Musik Indonesia 2005.

Selain itu, Denada juga berperan di beberapa sinetron di antaranya Hari Hari Mau, Zumirah ke Hollywood, Nyari Bini, Rahasia Ilahi, dan Cahaya Surga.

Sedangkan dalam layar lebar, Denada sempat unjuk kemampuan berakting di layar lebar dalam film Kau dan Aku Cinta Indonesia (2014) dan Habis Gelap Menuju Terang (2015).

Di luar akting, sosok Denada dikenal memiliki gaya yang nyentik dan fashionable. Namun, ia pernah dikritik karena tampil dengan gaya bra di luar saat menghadiri ajang penghargaan Silet Award 2017. Meski menuai kritik, wanita berambut lurus ini tidak menggubris mereka.

Sementara kehidupan pribadinya, Denada menikah dengan Jerry Aurum pada 12 Februari 2012. Suaminya adalah seorang fotografer di Bali. Dua tahun sebelum menikah, Denada pernah menjadi model Jerry Aurum.

Dari pernikahannya, Denada dikaruniai seorang anak yang diberi nama Shakira Aurum. Putri mereka lahir tepat saat sang suami merilis album foto karyanya bertajuk My Room. Namun sayangnya, pernikahan beda agama itu berujung perpisahan pada 24 Juni 2015.

Selang beberapa lama, Denada dikabarkan dekat dengan penyanyi Ihsan Tarore. Bahkan, mereka pernah merilis album duet berdua bertajuk Romantic Journey. Ihsan sempat memberikan cincin pada saat peluncuran album tersebut. Namun sayangnya, lagi-lagi hubungan Denada kandas. (AC/DN) (Photo: Instagram/denadaindonesia)


KELUARGA
Orang Tua       : (Almarhum) Rio Tambunan dan Emilia Contessa
Suami              : Jerry Aurum (2012-2015)
Anak                : Shakira Aurum

KARIER
Album
Kujelang Hari (1994)
Ini Album Gue (1997)
Awal Baru (2000)
Call Me Dena (2010)

Album Dangdut
Matahari
Mae
ST
One Stop Dangdut (2007)

Duet
Romantic Journey dengan Ihsan Tarore (2017)

Filmografi
Kau dan Aku Cinta Indonesia (2014)
Habis Gelap Menuju Terang (2015)

Sinetron dan FTV
Hari Hari Mau
Zumirah ke Hollywood
Nyari Bini
Aku Cinta Kamu (FTV)
Rahasia Ilahi
Cahaya Surga

PENGHARGAAN
International Viewer's Choice Award for MTV Asia 1995
Artis Solo Dangdut Kontemporer, Anugerah Musik Indonesia 2005