Download Our Application
A Group Member of VIVA
img-thumb

viva.co.id

PROFIL

   

S

Asri Welas
7 Maret 1979 - Sekarang

PROFIL TOKOH

Nama lengkap

:
Asri Welas

Profesi

:
seniman

Tempat / Tgl Lahir

:
Yogyakarta, 7 Maret 1979

Karya / Prestasi

:

Nominasi Aktris Pembantu Terbaik, Indonesian Movie Awards 2009
Nominasi Aktris Pembantu Terfavorit, Indonesian Movie Awards 2009
Pemeran Pendukung Wanita Terbaik - Indonesian Box Office Movie Awards 2017
Penampilan Singkat Nan Berkesan (Piala Arifin C. Noer) - Piala Maya 2017

Dunia tari mengantarkan Asri Welas ke panggung hiburan. Aktingnya di layar lebar pun diganjar sejumlah penghargaan.

Asri Pramawati atau yang lebih sering dipanggil Asri Welas adalah seorang aktris, desainer, penyiar radio. Sosok yang dikenal melalui perannya lewat sitkom Suami-Suami Takut Istri ini, kelahiran Yogyakarta, 7 Maret 1979.

Nama beken Asri Welas didapatkan dari peran yang ia mainkan sebagai Welas dalam sikom Suami-Suami Takut Istri. Sementara penamaan Asri sendiri diambil karena saat dilahirkan bertepatan dengan waktu salat Ashar.

Asri adalah anak kedua dari pasangan R. Djauhari Effendi dan Nurhayati dan memiliki seorang kakak laki-laki bernama Indrawan.

Sejak berumur dua tahun, Asri sudah menyukai seni tari. Ibunya mendaftarkan Asri ke sanggar tari. Ia menguasai berbagai macam tari daerah, seperti tari Bali, Aceh, Jawa, dan Padang.

Selain berlatih di sanggar, Asri pun sering tampil di depan publik, pentas dari panggung ke panggung di Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, hingga sekolahan dan kelurahan.

Kesukaannya terhadap menari membuat Asri yang saat itu usianya masih muda ingin mempunyai sanggar tari sendiri dan terpenuhi keinginannya. Anggota sanggarnya berjumlah sekitar 30 orang. Namun, setelah sang pengajar tari meninggal, sanggar miliknya itu terpaksa tutup.

Ketika usianya menginjak 11 tahun, Asri begabung denga sanggar Guruh Soekarno Putra (GSP) atau yang sebelumnya lebih populer dengan nama Swara Mahardika milik anak Presiden Soekarno. Belakangan saat Asri sudah terkenal, ia kembali memiliki sanggar tari yang bernama Sanggar Asri Welas.

Pada 2007, saat usianya 29 tahun, Asri memulai kariernya di dunia entertainment dengan membintangi komedi situasi (Sitkom) berjudul "Suami-Suami Takut Istri". Aktingnya menyita perhatian banyak orang.

Ketika sitkom-nya diangkat ke layar lebar pada 2008, Asri bahkan berhasil masuk dalam nominasi Indonesian Movie Awards 2009 untuk kategori Aktris Pembantu Terbaik dan Aktris Pembantu Terfavorit.

Berkat perannya yang begitu maksimal, Asri mulai banyak membintangi beberapa sinetron, seperti Tukang Bubur Naik Haji, Anak-Anak Manusia, 7 Manusia Harimau, Jodoh Wasiat Bapak dan lainnya.

Berperan sebagai Ibu Sonya di film Cek Toko Sebelah garapan Ernest Prakasa di tahun 2016, Asri berhasil mendapatkan penghargaan di ajang Indonesian Box Office Movie Awards 2017 sebagai Pemeran Pendukung Wanita Terbaik dan juga mendapatkan penghargaan di ajang Piala Maya 2017 sebagai Penampilan Singkat Nan Berkesan (Piala Arifin C. Noer).

Selain menjadi aktris, Asri juga seorang desainer. House of Asri Welas adalah nama dari brand pakaian yang di desainnya. Baju-baju rancangannya pernah dipamerkan dalam acara Couture New York Fashion Week pada tahun 2015.

Tak hanya itu, Asri Welas juga menjalani profesi lain. Tak puas menjadi aktris dan desainer, Asri mengisi sebuah segmen dan menjadi penyiar di salah satu radio di  Jakarta. Suaranya yang cempreng dan ceplas-ceplos sering mengundang gelak tawa pendengar.

Sementara kehidupan rumah tangganya, Asri menikah dengan pria yang bernama Galiech Ridha Rahardja, dan dikaruniai dua orang anak yang bernama Rajwa Gilbram Ridha Rahardja dan Rayyan Gibran Ridha Rahardja. (SFR/AA/DN) (Photo: Instagram/asri_welas)


KELUARGA
Orang tua         : (alm) R. Djauhari Effendi dan Nurhayati
Saudara (Kakak)     : Indrawan
Suami                          : Galiech Ridha Rahardja
Anak                 : Rajwa Gilbram Ridha Rahardja, Rayyan Gibran Ridha Rahardja.

KARIER
Filmografi
Suami-suami Takut Istri The Movie (2008)
Triangle the Dark Side (2016)
Cek Toko Sebelah (2016)
The Underdogs (2017)
Susah Sinyal (2017)
Takut Kawin (2017)

Sinetron
Tukang Bubur Naik Haji (2012)
Anak-Anak Manusia (2013 – 2014)
7 Manusia Harimau (2014 – 2016)
Ngantri Ke Surga (2015)
Asisten Rumah Tangga (2016)
Asisten Rumah Tangga 2 (2016)
Gara Gara Duyung (2016)
Bubu (2017)
Jodoh Wasiat Bapak (2017)
Warteg DKI (2017)

Acara Televisi
Ngulik
Ngobrol Asik
Serasi
Olimpiade Indonesia Cerdas

Iklan
Konimag Sachet
Asri Swalayan
Fried Chicken B Exprezz
Minyak Hemart
Legiron
Sariwangi Teh Melati

Penyiar Radio
99.1 Delta FM Jakarta

PENGHARGAAN
Nominasi Aktris Pembantu Terbaik, Indonesian Movie Awards 2009
Nominasi Aktris Pembantu Terfavorit, Indonesian Movie Awards 2009
Pemeran Pendukung Wanita Terbaik - Indonesian Box Office Movie Awards 2017
Penampilan Singkat Nan Berkesan (Piala Arifin C. Noer) - Piala Maya 2017