Profil Tengku Firmansyah - VIVA
Download Our Application
A Group Member of VIVA
img-thumb

viva.co.id

PROFIL

   

S

Tengku Firmansyah
15 September 1977 - Sekarang

PROFIL TOKOH

Nama lengkap

:
Tengku Firmansyah

Profesi

:
seniman

Tempat / Tgl Lahir

:
Bandung, 15 September 1977

Karya / Prestasi

:

Best Model di MTV Indonesia - Video Music Award 2000
Cosmo Man 1998
Model Plus 1996

Di tengah mengejar cita-citanya menjadi pilot, Tengku Firmansyah mencoba dunia model. Saking asyiknya, ia pun total terjun ke dunia hiburan.

Tengku Firmansyah  merupakan seorang aktor, pembawa acara, sutradara dan juga mantan model yang terkenal setelah memenangkan kontes model yang bernama Model Plus.

Lelaki kelahiran Bandung, 15 September 1977 ini adalah anak dari Tengku Amir Hamzah dan Silvie, ia merupakan anak bungsu dari empat bersaudara.

Pria yang akrab disapa Firman ini mempunyai bakat dan banyak kemampuan dalam berbagai bidang. Saat ia remaja, pria berdarah Sunda ini menggeluti olahraga tenis, anggar, dan taekwondo.

Ia bahkan pernah menjadi juara pertama anggar junior se-DKI pada tahun 1990, dan sempat lolos semifinal Pekan Olahraga Nasional atau PON untuk cabang anggar.

Sejak kecil, Firman mempunyai keinginan untuk menjadi seorang pilot. Mimpinya ini membawanya ke Amerika, ia belajar di sekolah penerbangan Phoenix Aviation School, di Arizona, Amerika Serikat.

Setelah 9 bulan, Firman sudah mampu menerbangkan pesawat. Keinginannya sebagai pilot terus berlanjut, ia pun kemudian kembali ke Indonesia dan belajar di sekolah penerbangan PLP Curug, Jawa Barat.

Di tengah-tengah kesibukannya di dunia penerbangan, Firman mencoba karier di dunia hiburan. Ia mengikuti sebuah kontes model yang bernama Model Plus di tahun 1996 saat ia berumur 19 tahun, kemudian ia memenangkannya.

Dari situlah awal mula karier seorang Tengku Firmansyah. Pemenang kontes model ini langsung ditawari untuk bermain di sinetron Lupus Trio Detektif. Sinetron-sinetron lainnya yang pernah ia bintangi adalah Cerita Cinta, Cinta Abadi, Buah Hati Yang Hilang, Strawberry, Leak, Jodoh Jejaka, Putri Bidadari, Tukang Bubur Naik Haji The Series, Cinta Anak Cucu Adam, Sakinah Bersamamu, Ngantri Ke Surga, Popcorn, Gerhana Bulan Merah, dan Masa Muda.

Pria yang memiliki ciri khas dari model rambutnya ini juga sempat membintangi beberapa judul FTV, yakni Temani Aku Cinta, Mae Sahabatku, Lilin Kecil, Kinanti, Janji Kekasih, Anak Titipan Allah, Mantan Guruku, Dokter Biadab, Kubayar Dosaku Dengan Selendang Pengantin, dan Harus Aku Berbagi Kasih Sayang Ibu.

Ia juga membintangi beberapa judul film layar lebar, bahkan menyutradarai sebuah film. Film-film yang ia pernah bintangi adalah Kutunggu di Sudut Semanggi, In The Name Of Love, dan Rindu Purnama. Sedangkan judul film yang ia pernah sutradarai berjudul dGirlz Begins.

Terkait kehidupan pribadinya, pelantun lagu Bila Waktu Bicara ini menikah muda dengan seorang aktris dan model yang ia temui saat ia menjadi seorang pembawa acara di Ekspresi sebuah acara televisi, Cindy Fatika Sari.

Pada saat itu, umur Firman masih 21 tahun dan Cindy 19 Tahun. Dari pernikahannya, Ia dikaruniai tiga orang anak, Tengku Syaira Anataya, dan si kembar Tengku Omar Athalla dan Tengku Keanu Zimraan. Firman diketahui sebagai sosok yang mementingkan keluarga, terutama kepada anak-anaknya. Mereka pun berhasil menjaga keutuhan rumah tangganya dari gosip. (SFR/AG/DN) (Photo: Instagram/tengku_firmansyah)


KELUARGA
Orang Tua   : Tengku Amir Hamzah dan Silvie
Istri               : Cindy Fatika Sari
Anak             : Tengku Syaira Anataya, Tengku Omar Athalla, Tengku Keanu Zimraan

KARIER
Filmografi
Kutunggu di Sudut Semanggi (2004)
d’Girlz Begins (2006) sebagai Sutradara
In The Name Of Love
Rindu Purnama (2011)

Sinetron
Lupus Trio Detektif (1998)
Cerita Cinta (1999)
Cinta Abadi (1999)
Buah Hati Yang Hilang (1999)
Strawberry
Leak
Jodoh Jejaka (2004)
Putri Bidadari (2012)
Tukang Bubur Naik Haji The Series (2013)
Cinta Anak Cucu Adam (2015)
Sakinah Bersamamu (2015)
Ngantri Ke Surga (2015)
Rahasia Cinta (2016)

FTV
Temani Aku Cinta
Mae Sahabatku
Lilin Kecil
Kinanti
Janji Kekasih
Anak Titipan Allah (Spesial Isra Mi’raj Nabi Muhammad Saw) (2013)
Mantan Guruku
Dokter Biadab
Kubayar Dosaku Dengan Selendang Pengantin (2016)
Harus Aku Berbagi Kasih Sayang Ibu (2016)
Kemarahan Anakku Membuatku Terpisah Dari Istriku (2016)

Iklan
Mustika Ratu
Close Up
Sampurna Millenium
Better Cookies
Larutan Penyegar Cap Kaki tiga(2008-2009)

Pembawa Acara
Melodi Siang (SCTV-1997)
Ekspresi (Indosiar, 1997-1998)
Pro Musik (TPI, 1999)
MTV Wow (AnTV, 1999)
Close Up Dawson Creek (TPI, 1999)
Sanex Quiz (Indosiar)

PENGHARGAAN
Best Model di MTV Indonesia - Video Music Award 2000
Juara III Taekwondo se DKI tahun 1993
Juara II Anggar Junior se DKI tahun 1991
Juara I Anggar Junior se DKI tahun 1990
Cosmo Man 1998
Model Plus 1996