Profil Debo Andryos - VIVA
Debo Andryos

Debo Andryos

Sukabumi, 31 Januari 1998
s/d
Sekarang
https://thumb.viva.co.id/media/frontend/tokoh/2018/02/27/5a94ffe5afb94-debo-andryos-ql_324_116.jpg
Riwayat

Memenangi ajang pencarian bakat menyanyi mengubah kisah pahit Debo Andryos. Ia mulai tersohor di panggung hiburan.

Andryos Aryanto atau yang lebih dikenal dengan nama panggungnya Debo adalah seorang aktor tampan kelahiran Sukabumi, 31 Januari 1998. Ia adalah anak tunggal dari pasangan Jaenal Abidin dan Nurhalimah.

Sebelum akhirnya terkenal, kehidupan Debo bisa dibilang cukup memprihatinkan, Debo tinggal di sebuah desa kecil di Tegalega, Sukabumi, Jawa Barat.

Sejak umurnya 4 tahun, orang tua Debo menitipkan Debo kepada kakek dan neneknya karena tuntutan pekerjaan orang tuanya. Ayah debo berkerja sebagai kuli bangunan di Jambi dan ibunya berkerja sebagai TKW di Dubai, Uni Emirat Arab.

Jalan Debo mulai terbuka saat ia masuk ke ajang pencarian bakat menyanyi anak-anak dalam program Idola Cilik 2, yang ditayangkan RCTI pada 2009. Tak disangka, Debo memenangkan ajang tersebut.

Dengan suara yang unik, Debo juga sempat mengisi sebuah soundtrack dalam film animasi yang tayang di salah satu stasiun TV.

Setelah menang, Debo yang saat itu masih berumur 11 tahun bergabung dalam sebuah grup musik yang dinamakan Super Idola Band yang beranggotakan finalis-finalis idola cilik lainnya, Cakka, Sivia, Kiki, Zahra, Ify, dan banyak lagi.

Debo ikut dalam penggarapan video klip Bersatulah Indonesia. Namun, seiring berjalannya waktu, grup musik ini bubar.

Debo melanjutkan kariernya bergabung dengan band lokal, Leming Band yang telah membuat sebuah album dengan single andalannya Bercinta di Belakangmu pada tahun 2013 dan dilanjutkan dengan beberapa lagu lain, seperti Bukan Playboy dan Badai Akan Berlalu.

Pada tahun 2017, Debo bergabung dengan sebuah band baru yang beranggotakan aktor muda Maxime Bouttier, dan juga Eki Rifki. Sejauh ini, Debo dan Zeta band belum mengeluarkan album maupun single, tetapi mereka telah tampil di beberapa acara membawakan lagu-lagu cover.

Tak hanya berkecimpung di dunia musik, Debo juga terjun ke dunia peran. Ia berperan dalam film layar lebar dan juga sinetron. Sinetron yang pernah ia bintangi adalah Silat Kids dan Hanya Kamu 2.

Film yang pernah Debo bintangi, yakni Gaby dan Lagunya, Semesta Mendukung, Tanah Surga Katanya, Alpha Project: Arwah Penasaran, Komedi Moderen Gokil, Komedi Gokil 2, The Guys, dan A: Aku Benci, dan Cinta.

Kini Debo yang berumur 20 tahun pada 2017, kembali menjajal kemampuan aktingnya dengan berperan dalam film drama 90-an yang berjudul Dilan 1990.

Film ini diangkat dari novel best seller garapan Pidi Baiq, sebelum tayang saja sudah mampu banyak menyita perhatian para remaja Indonesia. Dan itu terbukti, setelah rilis pada awal tahun 2018, film ini pecah rekor dengan ditonton 6 juta orang.

Dalam film tersebut, Debo berperan sebagai Nandan, teman sekelas Milea (Vanesha Prescilla), yang memiliki kisah cinta dengan Dilan (Iqbaal Dhiafikri). Akting Debo tak kalah menariknya dengan pemeran utama Iqbaal. Bahkan namanya juga ikut tersohor dengan film Dilan ini. (SFR/AA/DN) (Photo: Instagram/deboys13)

KELUARGA
Orang tua : Jaenal Abidin dan Nurhalimah.

KARIER
Diskografi
Lagu bersama Super Idola Band
Bersatulah Indonesia (2009)
Lagu bersama Leming Band
Bukan Playboy (2012)
Bercinta Di Belakangku (2013)

Filmografi
Gaby dan Lagunya (2010)
Semesta Mendukung (2011)
Tanah Surga... Katanya (2012)
Alpha Project: Arwah Penasaran (2015)
Komedi Moderen Gokil (2015)
Komedi Gokil 2 (2015)
The Guys (2017)
A: Aku, Benci, & Cinta (2017)
Dilan 1990 (2018)

Sinetron
Silat Kids (2010)
Hanya Kamu 2 (2013)