Profil Tanta Ginting - VIVA

viva.co.id

Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva

viva.co.id

img_title

Tanta Ginting

Medan, 16 Oktober 1981
s/d
Sekarang
img_title
Riwayat

Untuk mengejar hobinya, Tanta Ginting rela keluar dari perusahaan asing dan memilih dunia hiburan. Ia sukses di layar lebar.

Tanta Jorekenta Ginting atau lebih dikenal dengan nama Tanta Ginting adalah seorang aktor asal Indonesia yang terkenal sejak berperan sebagai Sutan Sjahrir di film Soekarno.

Pria kelahiran Medan, 16 Oktober 1981 ini adalah anak dari Simson Ginting dan Murni Tarigan. Ia memiliki dua saudara kandung, Syailendra Musi Putra Ginting dan Eva Ginting Pruitt.

Sebelum memulai kariernya di dunia hiburan Indonesia, saat ia berumur 13 tahun Tanta ikut keluarganya pindah untuk menetap di Amerika Serikat. Bermodal gelar sarjana dari DeVry University California jurusan Teknik Elektro, Tanta berkerja sebagai staf di perusahaan teknologi di Amerika, Northrop Grumman Space Technology dan FANUC America.

Namun, Tanta yang merasa bosan dan tidak cocok di bidang sains tersebut, akhirnya membentuk sebuah band bersama teman-teman sesama orang Indonesia yang bernama Fourwall. Band ini yang menjadi fokus Tanta setelah ia memutuskan berhenti bekerja di perusahaan teknologi tersebut.

Fourwall pun mempunyai cukup banyak penggemar, sering diundang menjadi band pembuka artis-artis Indonesia yang manggung di Amerika Serikat. Band ini bahkan sempat menghasilkan album.

Setelah itu, vokalis Fourwall ini memberanikan diri untuk kembali ke Indonesia dan memulai karier musik bersama Fourwall, tetapi rencananya itu tidak berjalan mulus lantaran pada tahun 2008 genre band Fourwall tidak laku di kalangan orang Indonesia.

Vakum dari musik, Tanta sempat menganggur dan hidup hanya bergantung pada uang tabungannya.

Pada tahun 2009, ia mendapat informasi dari Daniel Mananta tentang casting pertunjukan Gita Cinta : The Musical arahan Ari Tulang dan akhirnya terpilih jadi salah satu pemeran di musikal tersebut dan dari situlah ia memperoleh ilmu berakting. T

eater Musikal lainnya yang pernah ia bintangi di antaranya, Musikal Laskar Pelangi dan Ali Topan The Musical.

Dari sana, ia memperoleh banyak peluang. Ia beralih ke layar lebar dan syuting  pertamanya adalah berperan dalam cerita dan langsung didapuk perankan tokoh sejarah nasional, Sutan Sjahrir saat ia berumur 32 tahun.

Lalu, Tanta menjadi extras atau figuran di adegan kerusuhan penjara dalam film laga The Raid 2: Berandal pada tahun 2014, kebetulan saat itu ia sedang tergila-gila bela diri Krav Maga dan Brazillian Jiujitsu.

Film-film lainnya yakni Negeri Tanpa Telinga, Skakmat, Tjokroaminoto : Guru Bangsa, Sendiri Diana Sendiri, 3 Dara, Alif Lam Mim, Lily : Bunga Terakhirku, Surga Yang Tak Dirindukan, Wa’alaikumsalam Paris, Sundul Gan : The Story of Kaskus, dan ILY from 38.000 Ft.

Melalui kemampuan beraktingnya, Aktor yang hobi traveling ini meraih beberapa nominasi dan juga penghargaan, seperti Pemeran Pembantu Pria Terpuji di Festival Film Bandung 2014, Pendatang Baru Pria Terpilih di Piala Maya 2014, dan Pemeran Pria Pendukung Terfavorit di Indonesia Movie Actors Awards 2016.

Di kala tidak melakukan syuting untuk film layar lebar, Laki-laki berdarah Karo itu turut berperan di dalam serial TV yang berjudul The East yang disiarkan di NET.TV. Ia berperan sebagai Fajar seorang kameramen yang hobinya tidur dan berkarakter tengil. Serial ini adalah sebuah program komedi yang menyajikan bagaimana situasi di balik layar sebuah program news.

Terkait kehidupan pribadinya, aktor berumur 36 tahun akan menikah dengan Denalta, wanita cantik jebolan Miss Indonesia. Rencananya pernikahan itu akan digelar pada tahun 2018. (AA/DN) (Photo: instagram/tantaginting)

KELUARGA
Orang Tua : Simson Ginting dan Murni Tarigan
Saudara : Syailendra Musi Putra Ginting, Eva Ginting Pruitt

KARIER
Teater Musikal
Gita Cinta : The Musical (2010)
Musikal Laskar Pelangi (2010)
Ali Topan The Musical (2011)

Filmografi
Soekarno: Indonesia Merdeka (2013)
Negeri Tanpa Telinga (2014)
Skakmat (2015)
Sendiri Diana Sendiri (2015)
Tjokroaminoto : Guru Bangsa (2015)
3 Dara (2015)
3: Alif Lam Mim (2015)
Lily: Bunga Terakhirku (2015)
Surga yang Tak Dirindukan (2015)
Wa’alaikumsalam Paris (2016)
Sundul Gan: the Story of Kaskus (2016)
ILY from 38.000 Ft (2016)

Serial TV (Sitkom)
The East (2015 - sekarang)

PENGHARGAAN
Pemeran Pembantu Pria Terpuji Film Bioskop - Festival Film Bandung 2016
Nominasi Pendatang Baru Pria Terfavorit - Indonesian Movie Awards 2014
Nominasi Pemeran Pendukung Pria Terbaik - Festival Film Indonesia 2015
Nominasi Penampilan Singkat Nan Berkesan - Piala Maya 2015
Nominasi Pemeran Pendukung Pria Terbaik - Indonesia Box Office Movie Awards 2016
Nominasi Pemeran Pembantu Pria Terpuji - Festival Film Bandung 2016