Profil Cornelia Agatha - VIVA
Download Our Application
A Group Member of VIVA
img-thumb

viva.co.id

PROFIL

   

S

Cornelia Agatha
11 Januari 1973 - Sekarang

PROFIL TOKOH

Nama lengkap

:
Cornelia Agatha

Profesi

:
seniman

Tempat / Tgl Lahir

:
Jakarta, 11 Januari 1973

Karya / Prestasi

:

Aktris Terpuji Forum Film Bandung (FFB) 2002 dalam sinetron Perempuan Pilihan
Aktris Terpuji di Festival Film Bandung 2006 dalam film Detik Terakhir
Aktris Terbaik di Indonesian Movie Awards 2007 dalam film Detik Terakhir

Dunia model membawa Cornelia Agatha ke panggung hiburan. Ia tersohor di film dan sinetron.

Cornelia Agatha, dikenal sebagai seorang aktris yang telah membintangi belasan sinetron. Wanita berdarah Jawa, Manado, Belanda, dan Jerman ini meroket setelah berperan sebagai Sarah dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan dengan bintang utamanya Rano Karno.

Bakat wanita kelahiran Jakarta, 11 Januari 1973 ini telah terlihat sejak duduk di bangku sekolah dasar (SD). Meski masih kelas 5 SD, Cornelia sudah tampil di depan kamera. Ia bahkan menjadi model majalah Mode. Ia tampil sebagai bintang iklan di sejumlah produk.

Sukses sebagai model, wanita yang kerap disapa Lia ini pun menjajal kemampuan aktingnya. Dia memulai debutnya di layar lebar lewat film Lupus. Lalu, selanjutnya Lia bermain dalam film Elegi Buat Nana dan Rini Tomboy. Lewat perannya sebagai tokoh utama di Rini Tomboy, Lia berhasil masuk jajaran nominasi kategori Aktris Terbaik Festival Film Indonesia 1992.

Nama Cornelia Agatha semakin meroket setelah berperan sebagai Sarah dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan musim pertama hingga keenam. Begitu juga perannya sebagai seorang penari bernama Dayu dalam sinetron Wanita Pilihan telah dianugerahi sebagai Aktris Terpuji oleh Forum Film Bandung 2002.

Pada tahun 2005, Lia tampil dalam film Detik Terakhir. Dalam film garapan Nanang Istiabudi ini, dirinya berperan sebagai Regi, seorang pecandu narkoba yang sedang berada di pusat rehabilitasi. Regi adalah anak orang kaya, namun kedua orang tuanya tidak akur. Dia sama sekali tidak mendapatkan kebahagaian.

Oleh karena itu, Regi mencari pelarian dengan mengonsumsi obat-obatan terlarang yang ia dapatkan dari Rajib (Mike Muliadro). Dari Rajib juga, Regi mengenal Vela yang selanjutnya dipacarinya.

Lewat perannya di Detik Terakhir, Lia terpilih sebagai nominator Piala Citra untuk Pemeran Utama Wanita Terbaik di Festival Film Indonesia 2005, Pemeran Utama Wanita Terbaik di Festival Film Jakarta 2006, Aktris Terfavorit di Indonesian Movie Awards 2007, Pasangan Terbaik di Indonesian Movie Awards 2007, dan Pasangan Terfavorit di Indonesian Movie Awards 2007.

Dia juga berhasil memenangkan penghargaan Aktris Terpuji di Festival Film Bandung 2006 dan Aktris Terbaik di Indonesian Movie Awards 2007.

Di samping kesibukannya di layar kaca dan layar lebar, Lia aktif di dunia teater bahkan tergabung dalam Teater Koma pimpinan Nano Riantiarno. Beberapa judul pementasan yang pernah dilakoninya, yaitu Saijah dan Adinda (2001), Wisanggeni Berkelebat (2002), Dari Negeri Cinta (2002), dan Opera Ikan Asin (2017).

Dalam hal asmara, Lia menikah dengan Sonny M. Lalwani di Hongkong pada 18 Maret 2006. Mereka dikaruniai anak kembar laki-laki dan perempuan bernama Makayla Athaya Lawlani dan Tristan Athala Lawlani yang lahir pada 7 Desember 2006. Namun, sayangnya pernkahan mereka tidak berjalan mulus. Cornelia dan Sony resmi berpisah pada 1 Agustus 2013.

Sejak perpisahan, Lia jarang tampil di dunia keartisan. Ia dikabarkan memilih mengasah intelektualnya dengan kuliah di salah satu perguruan tinggi di Kota Bogor. Dan sesekali menghadiri acara seni teater dan pameran.

Pada 2015, Lia tak sendiri lagi, ia mulai membuka lembaran baru dengan Menteri Koordinator Maritim Rizal Ramli saat itu. Statusnya masih tahap pendekatan dan pacaran, begitu kata Lia.

Namanya kembali ke dunia hiburan saat sinetron lawas Si Doel Anak Sekolahan digarap menjadi film layar dengan judul Si Doel The Movie. Dalam fimm yang tayang pada 2018 ini, banyak pemain lama main kembali. Termasuk tokoh utamanya Rano Karno memerankan Si Doel. (AC/DN) (Photo: ANTARA)


KELUARGA
Orang Tua  : Dave Maramis dan Erry Yudha Asri
Suami         : Sony M. Lawlani (Cerai, 2013)
Anak           : Makayla Athaya Lawlani
????       Tristan Athala Lawlani

KARIER
Filmografi
Elegi Buat Nana (1988)
Rini Tomboy (1991)
Ariel dan Raja Langit (2005)
Detik Terakhir (2005)
Jatuh Cinta Lagi (2006)
Si Doel The Movie

Sinetron
Opera Tiga Zaman
Satu Hati Dua Racun
Senja Merah Hati
Si Doel Anak Sekolahan 1-6
Aku Ingin Pulang
Cintanya Cinta
Istri Kedua
Bukan Impian Semusim
Perempuan Pilihan
Bukan Impian Semusim
Wong Cilik
Si Doel Anak Gedongan
Nyonya Nyonya Sosialita/Laba Laba Cinta
Marah dan Galak
Semboyan Cinta

Iklan
Pantene
Ice Cream Walls
Indo Es Krim Meiji
Pizza Hut
Paket Indo Food
McDonald
Relaxa
Shower to Shower
Close Up
Lux
Sanex
Yamaha
California Fried Chicken
Jamu Ny. Meneer
Kartu Telepon Chip
WRP Diet
Pigeon
Sepatu Bata

Teater
Bayi di Aliran Sungai
Saijah dan Adinda (2001)
Menembus Ruang dan Waktu (2002)
Wisanggeni Berkelebat (2002)
Dari Negeri Cinta (2002)
Suksesi atau Kudeta (2015)
Opera Ikan Asin (2017)