Profil Astrid Tiar - VIVA

viva.co.id

Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva

viva.co.id

img_title

Astrid Tiar

Jakarta, 12 Juli 1986
s/d
Sekarang
img_title
Riwayat

Menjuarai ajang pemilihan Gadis Sampul mengantarkan Astrid Tiar ke panggung hiburan. Ia tersohor di layar kaca. 

Astrid Tiar Yosephine Nasution atau biasa dipanggil Astrid Tiar adalah salah satu aktris sinetron Indonesia ternama. Memulai kariernya di dunia model, Astrid melenggang ke dunia peran. Aktingnya dalam sinetron Atas Nama Cinta bersama Jennifer Dunn meledak di pasaran.
 
Seperti halnya kebanyakan aktris sinetron Indonesia, Astrid Tiar mengawali kariernya sebagai gadis Sampul pada 2000.  Penampilan Astrid yang tomboy membuat sang kakak terdorong untuk mengubah penampilan menjadi lebih feminin.

Tanpa pengetahuan Astrid, semua dokumen dikirimkan hingga Astrid terpilih menjadi finalis. Astrid pun menjawab tantangan itu dan akhirnya keluar sebagai juara I Gadis Sampul. Sebelum terjun di dunia sinetron, Astrid banyak bergelut dalam bidang model remaja.

Sinetron yang pertama kali ia bintangi adalah sinetron berjudul Fanya. Beberapa sinetron dia bintangi hanya menempatkannya sebagai pemain figuran, seperti dalam sinetron Kafe Biru, Pernikahan Dini, Sejuta Rasa Sayang, Si Cecep, dan Wah Cantiknya 2.

Namanya langsung melejit saat Astrid membintangi sinetron berjudul Atas Nama Cinta. Di sini Astrid memerankan Lila, seorang gadis yang harus menderita akibat perbuatan saudaranya sendiri, Sissy yang diperankan Jennifer Dunn.  

Sebenarnya Astrid lekat sebagai seorang gadis tomboy. Namun, peran sebagai Lila yang feminin dan mampu menimbulkan rasa iba di hati pemirsa membuat namanya menarik banyak simpati. Sinetron ini mendapat rating cukup tinggi.

Lewat peran apiknya dalam sinetron produksi MD Entertainmen yang mengusung lagu tema dari album Dewa 19 bertitel sama, Astrid mulai diperhitungkan dalam dunia sinetron Indonesia. Gadis dengan tinggi badan 169 cm ini makin terkenal di publik.

Penampilan gadis kelahiran Jakarta, 12 Juli 1986 terus menghiasi sinetron di beberapa stasiun televisi swasta antara lain sinetron Atas Pusing Bawah Pening, Topeng, Ajari Aku Cinta, Tangisan Anak Tiri, Buruan Sayang Gue, Roman Picisan, dan Kanaya.

Astrid memang telah merasakan berbagai karakter dalam sinetron-sinetronnya. Peran antagonis maupun protagonis pernah ia lakoni. Namun, dirinya mengaku paling sulit jika diminta memerankan wanita feminin. Jika kebetulan berperan sebagai perempuan feminin, dirinya menganggap hal tersebut sebagai sebuah tantangan.

Astrid belum pernah bermain dalam film. Cobaan antara dunia hiburan dan pendidikan sempat menghampirinya saat sedang berkonsentrasi pada pendidikan dan kuliahnya. Saat vakum, tawaran bermain film mampir di hadapannya.  

Nama Astrid makin terkenal setelah hubungan yang ia jalin bersama beberapa orang pesohor Indonesia lainnya. Tiar sempat menjalin hubungan dengan pentolan grup band Sheila on 7, Eross Chandra. Hubungan keduanya yang berbeda keyakinan ini harus berakhir.

Astrid kemudian berlabuh dan berpacaran dengan aktor dan pemain sinetron Gading Marten, anak aktor senior Roy Marten. Ayah Gading yang juga menjadi lawan main Astrid di beberapa sinetron awalnya berusaha menjodohkan anaknya dengan Astrid.

Namun, meskipun tanpa jasa mak comblang sang ayah, Gading dan Astrid secara tak sengaja bertemu di pertokoan dan akhirnya berpacaran.

Sayang, rajutan asmaranya yang keduanya dengan sesama artis tak berlangsung lancar. Astrid dan Gading akhirnya memutuskan berpisah. Meski sudah tak lagi menjalin asmara, Astrid mengaku masih menjalin hubungan baik dengan mantannya tersebut.

Putus dari Gading, Astrid sempat dikabarkan memiliki hubungan dengan anggota grup band Ungu, Onci, setelah keduanya beberapa kali kepergok sedang bersama-sama. Namun, baik Onci maupun Astrid menampik dan mengakui hubungan keduanya sebatas pertemanan.

Walaupun dunia sinetronlah yang membesarkan namanya, Astrid mengaku lebih mementingkan pendidikan dan melanjutkan kuliah.

Karena mementingkan urusan pendidikan itulah, Astrid sempat vakum dari dunia hiburan sejak 2005 hingga Juni 2008. Mahasiswi Fakultas hukum yang masuk 2004 ini mengaku sempat mengambil cuti sebelum memutuskan fokus menyelesaikan kuliah.

Setelah meraih gelar sarjana dari Fakultas Hukum Tarumanegara, Astrid lalu melanjutkan sekolahnya hingga ke jenjang S-2. Meskipun begitu, berkuliah di Fakultas Hukum, Astrid ternyata tak ingin bergelut dengan dunia pengadilan dan hukum.

Ia merasa lebih senang menularkan pengetahuannya di dunia hukum dengan menjadi dosen.  Selain lebih teratur, lebih banyak waktu yang bisa dihabiskan bersama keluarganya.

Agar bisa segera mencapai cita-citanya, Astrid mengaku pada tahun 2010 sengaja menghilang sementara dari dunia hiburan dan layar kaca. Ia memang ingin fokus pada pendidikannya dan kini memupuk masa depannya tersebut.

Dia mengaku melamar untuk magang di beberapa tempat. Sedangkan dunia hiburan tidak ia tinggalkan sepenuhnya. Sesekali, Astrid masih mengiyakan tawaran  menjadi model majalah dan bintang tamu yang tak menyita banyak waktu.

Pada 21 Juli 2012, Astrid pun menikah dengan seorang dokter spesialis bernama Gerhard Reinaldi Situmorang. Mereka melakukan pemberkatan di Gereja HKBP Menteng, Jakarta Pusat.

Pernikahan mereka pun diselenggarakan dengan menggunakan adat Batak. Dari pernikahannya tersebut, Astrid telah dikaruniai dua orang anak Dialucita Annabel Estheressa Thiorina Situmorang dan Isabel Althalya Natiar Situmorang.

Tahun 2016 setelah lama tak muncul di layar kaca, Astrid Tiar dan keluarga kecilnya menetap di Inggris. Untuk alasannya sendiri, Astrid tidak membeberkannya kepada publik. Dia tinggal di Newcastle, London.

Tak lama kemudian, ia kembali ke Indonesia. Pada 2018, ia disibukkan sebagai pembawa acara infotainmen pada program Insert yang tayang tiap hari di Trans TV. (LP/AC/DN)  (Photo/instagram/astridtiar127)
 
KELUARGA     
Pasangan             : Gerhard Reinaldi Situmorang
Anak                    : Dialucita Annabel Estheressa Thiorina Situmorang
                              Isabel Althalya Natiar Situmorang
  
PENDIDIKAN
S1, Hukum, Universitas Tarumanegara, Jakarta

KARIER

Sinetron
Kafe Biru
Pernikahan Dini
Wah Cantiknya 1
Sejuta Rasa Sayang
Wah Cantiknya 2
Norak Tapi Beken
Si Cecep
P
Kisah Kasih Di Sekolah 2
Ajari Aku Cinta
Tangisan Anak Tiri
Buruan Sayang Gue
Topeng
Atas Nama Cinta
Atas Pusing Bawah Pening
Peri Sok Gaul
Cewek Penakluk
Roman Picisan
Kanaya
FTV Ratu Mall Masuk Kampung
FTV Tere Kapok Tebar Cinta
Terdampar
Smile & Spirit
 
FILM
Badai di Ujung Negeri (2011)
Cinta Mati (2013)
Critical Eleven (2017)
 
Model Video Klip
Saat Kau Tak Disini (Jikustik)
Live Your Dreams (Gil Ofarim)
Sahabat Sejati (Sheila On 7)
Call Me (Radja)
Over My Dead Body (The Heroes)
Demi Cinta (Kerispatih)
Dua Cincin (Hello)
 
Iklan
Country Choice
Veet
Telkomsel
Kopiko White Mocca
Biskuit Roma Kelapa

Presenter
2010 FIFA World Cup Live Quiz
Dahsyat
Inbox
Stand Up Comedy Indonesia
Fun Games
1001 Fakta
Insert