Profil Ustaz Solmed - VIVA

viva.co.id

Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva

viva.co.id

img_title

Ustaz Solmed

Jakarta, 19 Juli 1983
s/d
Sekarang
img_title
Riwayat

Keliling dari mushola ke mushola menambah jam terbang Solmed dalam berdakwah bahkan menjuarai lomba pidato. Ia pun tampil di sejumlah program televisi.

Sholeh Mahmoed Nasution atau lebih sering disapa Ustaz Solmed dikenal sebagai penceramah sekaligus aktor yang tidak jarang ucapannya sering menuai kontroversi. Da’i ganteng ini mulai dikenal setelah menjadi Juara Umum Lomba Pidato & Ceramah Nasional di Istiqlal.
 
Pria kelahiran Jakarta, 19 Juli 1983 ini adalah anak tunggal dari pasangan H. Nadjamuddin Nasution dan Hj. Salmah Lubis. Sejak kemunculannya di televisi, Ustaz Solmed semakin populer karena gaya penyampaian ceramahnya yang langsung ke pokok permasalahan dan tidak bertele-tele.
 
Ustaz Solmed mengawali kariernya dari bawah. Pada tahun 2000, ia pernah menjuarai lomba pidato dan ceramah tingkat nasional yang diselenggarakan di Masjid Istiqlal. Setelah lulus dari Madrasah Aliyah, dirinya pun semakin terdorong untuk menyampaikan ayat-ayat Allah dari mushola ke mushola.
 
Kegiatan Ustaz Solmed ini pulalah yang telah mempertemukan dirinya dengan almarhum Ustaz Jefry Al Buckhori (Uje) di acara Tabligh Akbar. Setelah itu mereka menjadi dekat hingga menjadi sahabat karib. Bahkan, Ustaz Solmed dan almarhum Uje sempat berkolaborasi dalam acara Damai Indonesiaku.

Selanjutnya, Ustaz Solmed juga sering tampil sebagai penceramah di layar kaca. Beberapa acara yang pernah digawanginya yaitu Kata Ustad Solmed (SCTV), Cahaya Hati (ANTV), Assalamu’alaikum Ustadz (RCTI), dan Akhirnya Aku Tahu (Global TV).

Selain itu, ia juga menjajal kemampuann akting di sinetron Si Biang Kerok (2012). Namun namanya semakin melejit setelah membintangi sinetron Pesantren & Rock n' Roll yang rilis pada tahun 2013. Tak sampai di sana, Ustaz berdarah Batak ini juga dijadikan sebagai ikon produk baju koko Al Mia.

Tentang kehidupan pribadinya, Ustaz Solmed pernah menikah dengan Dewi Yulianti pada tanggal 5 Maret 2006. Tapi sayang, pernikahan pertamanya ini tidak langgeng. Mereka akhirnya memutuskan untuk bercerai.

Lalu, pada tahun 2011 Ustaz Solmed menikah lagi dengan April Jasmine.
Mereka dikaruniai anak pertama yang diberi nama Sultan Mahmoed Qusyairi setahun setelahnya.

Selang beberapa tahun pada Mei 2018, sang istri melahirkan anak kembar yang diberi nama Aqil Mahmoed Sibawaih dan Mahier Mahmoed Syairoziy.

Di samping kecemerlangan kariernya, Ustaz Solmed tidak jarang menuai kontroversi. Dirinya pernah tersandung masalah dengan Majelis Taklim Shalawatullah Dakwah Tariqul Jannah di Hong Kong karena meminta kenaikan tarif 10.000 dolar Hong Kong dan penambahan jumlah tiket pesawat menjadi untuk empat orang.

Kabar kalau Ustaz Solmed sering memasang tarif tinggi untuk berdakwah juga sudah jadi rahasia umum. Bahkan, hal ini dianggap telah mencederai profesi.

Tidak sampai di situ, Ustaz Solmed pernah beurusan dengan KPI karena mencela komedian Narji saat tampil di Inbox SCTV. Tak hanya itu, ustaz Solmed juga pernah bersitegang dengan Front Pembela Islam. (AC/DN) (Photo/dok.ustazsolmed)
 
KELUARGA
Orang Tua            : H. Nadjamuddin Nasution dan Hj. Salmah Lubis
Istri                       : Dewi Yulianti (bercerai)
????                 April Jasmine

Anak                     : Sultan Mahmoed Qusyairi
                                Aqil Mahmoed Sibawaih
                                Mahier Mahmoed Syairoziy
 
KARIER
Acara TV
Kata Ustad Solmed (SCTV)
Cahaya Hati (ANTV)
Assalamu’alaikum Ustadz (RCTI)
Akhirnya Aku Tahu (Global TV)
 
Sinetron
Si Biang Kerok (2012)
Pesantren & Rock n' Roll (2013)