Profil Gogon Srimulat - VIVA

viva.co.id

Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva

viva.co.id

img_title

Gogon Srimulat

Surakarta, 31 Desember 1960
s/d
- 15 Mei 2018
img_title
Riwayat

Besar bersama grup lawak Srimulat, Gogon jatuh bangun. Namanya tersohor karena penampilan khasnya.

Margono atau Gogon dikenal sebagai pelawak senior jebolan Srimulat. Beliau dikenal dengan ciri khas rambut jambul dan kumis tengah ala Caplin. Kariernya sempat tersendat lantaran tersandung kasus narkoba.
 
Pria kelahiran Surakarta, 31 Desember 1960 ini memulai kariernya saat usianya 20 tahun. Ia bergabung dengan Srimulat dan seangkatan dengan Tarzan, Tessy, Timbul, Kadir, Nunung, dan Doyok. Nama Gogon cepat melejit karena gayanya yang unik.
 
Pada tahun 1989, Srimulat dibubarkan oleh Teguh selaku pendirinya karena kalah bersaing dengan acara-acara lain di televisi. Hal ini menyebabkan Srimulat menjadi tak selaris awal kemunculannya.

Tapi, pada Agustus 1995 Gogon pun mengusulkan agar Srimulat reuni. Ide itu pun membawa angin segar untuk Srimulat karena mereka kembali Berjaya. Bahkan, mereka tampil secara rutin di Indosiar hingga 2003.

Selain berkarier dengan Srimulat, pelawak multitalenta ini pernah berduet dengan pedangdut Chintya Sari dan Cut Keke. 

Pada tahun 2007, ayah dari Nova Mustika Kusuma Yudha ini tersandung kasus narkoba. Ia ditangkap bersama istrinya di kediamannya pada tanggal 22 Agustus. Ia terbukti bersalah dan ditahan selama 3 tahun hingga April 2010.

Setelah bebas, Gogon pun kembali tampil di layar kaca. Pada 2013, ia tampil di film perdananya bertajuk Finding Srimulat bersama Reza Rahadian, Rianti Cartwright, Fauzi Baadilla, Kabul Basuki, Kadir, Mamiek Prakoso, Djudjuk Djuariah, dan masih banyak lagi. Film ini adalah film pertama dan terakhir yang diperankan oleh Gogon.

Pada 15 Mei 2018, saat tampil di Lampung, Gogon jatuh sakit. Ia sempat dilarikan ke Rumah Sakit Kota Bumi Lampung, namun pada pukul 05.00 dini hari, Gogon menghembuskan napas terakhirnya pada usia 57 tahun.

Jenazahnya segera dibawa oleh Didi Kempot lewat jalur udara dari Lampung menuju Solo untuk dimakamkan di sana. Selamat jalan Gogon. (AC/DN)  (Photo/Instagram/antara)
 
KELUARGA
Istri                : Mustika (cerai)
                         Tri Kusni Handayani
Anak               : Nova Mustika Kusuma Yudha 
                        Ari Gogon
 
KARIER
Pelawak Srimulat

Filmografi
Finding Srimulat (2013)