Profil Dul Jaelani - VIVA

viva.co.id

Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva

viva.co.id

img_title

Dul Jaelani

Jakarta, 23 Agustus 2000
s/d
Sekarang
img_title
Riwayat

Lahir dari keluarga musisi, Dul Jaelani mencoba mengikuti jejak orangtuanya. Ia menjadi penyanyi sejak kecil. Gayanya lebih mirp ayahnya ketimbang ibunya.

Ahmad Abdul Qodir Jaelani atau lebih akrab disapa Dul adalah putra bungsu dari tiga bersaudara pasangan musisi Ahmad Dhani dan Maia Estianty. Seperti kedua orang tuanya, Dul pun terjun ke dunia musik.
 
Laki-laki kelahiran Jakarta, 23 Agustus 2000 ini mulai dikenal setelah membentuk grup band The Lucky Laki bersama kedua kakaknya, Ahmad Al Ghazali (Al) dan Ahmad El Jallaludin Rumi (El).
 
The Lucky Laki adalah band ber-genre rock dengan Al sebagai vokal-gitar, El sebagai backing vokal-drum, dan Dul sebagai backing vokal-bass. Mereka bertiga memulai debutnya dengan single Aku Bukan Superman. Di tahun 2009, The Lucky Laki merilis album perdananya bertajuk New Beginnng 09.
 
Pada tahun 2010, grup band yang juga diasuh oleh Ahmad Dhani ini pun menambah personil Dashel Zidane dan Raffi Alfaraby Ramadhan. Penambahan personil, formasi The Lucky Laki pun berubah dengan Dashel Zidane sebagai vokalis.
 
Dul yang mulai menyukai musik grunge pun membentuk band Backdoor di tahun 2013. Semula, posisinya sebagai bassist. Namun, setelah dua anggota dari band tersebut keluar, Dul pun mengambil alih posisi gitar dan vokal.

Pada 8 September 2013 dinihari, Dul yang menyetir mobil bersama pacarnya, Arin mengalami kecelakaan. Mobil yang dikendalikannya menabrak pembatas jalan dan menghantam minibus. Akibatnya, 6 orang tewas dan 9 orang luka-luka. Dul sendiri mengalami patah tulang di bagian kaki.

Kecelakaan itu tentu saja sampai masuk ke meja sidang. Jaksa Penuntut Umum telah menuntunt Dul dengan hukuman 1 tahun penjara dengan masa percobaan 2 tahun dan denda Rp 5 juta subsider tiga bulan kerja sosial.

Namun yang mengejutkan, Pengadilan Negeri Jakarta Timur memutuskan Dul dikembalikan ke orang tuanya, dengan kata lain Dul dibebaskan.

Saat usianya 15 tahun, Dul dan El membentuk duo bernama Ahmad Bersaudara dengan aliran music retro. Selang beberapa bulan, mereka telah merilis single bertajuk Jika Kau Percaya.

Tentang percintaan, Dul pernah menjalin asmara dengan beberapa wanita cantik, beberapa di antaranya yaitu Fajrina Khairiza dan Stefhanie Zamora. Namun, di tahun 2018 ia masih sendiri. Ketimbang pacaran, laki-laki berambut gondrong ini malah lebih ingin taaruf seperti saran sang ayah. 

Dul juga digadang-gadang paling mirip dengan Ahmad Dhani ketimbang dua kakaknya. Tak hanya cara berpakaian, gaya bicara Dul juga mirip dengan sang ayah.  (AC/DN) (Photo/Instagram/duljaelani)

KELUARGA
Orangtua            : Ahmad Dhani dan Maia Estianty
Kakak                  : Ahmad Al Ghazali (Al) dan Ahmad El Jallaludin Rumi (El).
 
KARIER
Diskografi
Bersama Lucky Laki
New Beginning 09 (2009)
 
Single
Bersama Lucky Laki
Superman (2009)
Sahabat (2010)
Aku Suka Bersama Orang Yang Ku Suka (ASBOYS) (2010)
Angin (2011)
 
Bersama Ahmad Bersaudara
Jika Kau Percaya (2015)