Profil Hanum Rais - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Hanum Rais

Hanum Rais

Yogyakarta, 12 Maret 1982
s/d
Sekarang
https://thumb.viva.co.id/media/frontend/tokoh/2018/08/13/5b715b6f41b56-hanum-rais_324_116.jpg
Riwayat

Lulus dari Fakultas Kedokteran Gigi UGM, Hanum Rais memilih menjadi jurnalis. Untuk mengeksplorasi hobinya itu, ia juga menjadi penulis buku.

Berawal dari jurnalis, Hanum Salsabiela Rais mulai dikenal publik. Namun, namanya makin kondang setelah menelurkan karya-karya lewat tulisan novelnya yang menginspirasi pembaca. Bahkan, dari beberapa bukunya telah diangkat ke layar lebar.
 
Wanita kelahiran Yogyakarta, 12 April 1982 ini adalah putri kedua dari pasangan politikus Amien Rais dan Kusnasriyati Sri Rahayu. Setelah lulus dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada, Hanum justru banting setir ke dunia televisi. Ia berprofesi sebagai reporter sekaligus presenter.

Perjalanannya di dunia jurnalistik telah menyadarkan Hanum akan minatnya yang sesungguhnya. Ia pun akhirnya menekuni profesi baru sebagai penulis. Buku pertama yang ditulisnya berkisah tentang sang ayah, Menapak Jejak Amien Rais.

Petualangan baru Hanum dimulai saat suaminya, Rangga Almahendra melanjutkan kuliahnya di Eropa. Kisah petualangannya di Eropa pun dirangkum dalam buku bertajuk 99 Cahaya di Langit Eropa yang mengisahkan tentang pencarian tentang cahaya Islam di benua itu

Selain menulis, Hanum juga terlibat dalam proyek video podcast Executive Academy di WU Vienna selama 2 tahun. Selain itu, dia tetap melakoni profesinya sebagai jurnalis dengan menjadi koresponden detik.com khusus Eropa.

Saat usianya 32 tahun, Hanum merilis novel keempat bertajuk Bulan Terbelah di Langit Amerika yang juga mengisahkan tentang Islam dan Amerika di mana sejak tahun 2001 keduanya saling berbenturan hingga banyak korban berjatuhan.

Karena kisahnya yang menginspirasi, Novel 99 Cahaya di Langit Eropa dan Bulan Terbelah di Langit Amerika pun diadaptasi ke layar lebar.

Setelah penantian 11 tahun, Hanum dan Rangga akhirnya dikaruniai buah hati bernama Sarahza Reashira Almahendra. Perjuangan Hanum dan Rangga demi mendapakan momongan ini pun diabadikan oleh Hanum dalam novel bertajuk I am Sarahza. (AC/DN)  (Photo/Instagram/Hanumrais)
 
KELUARGA
Orangtua            : Amien Rais dan Kusnasriyati Sri Rahayu
Suami                : Rangga Almahendra
Anak                : Sarahza Reashira Almahendra
 
PENDIDIKAN
S1, Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
 
KARIER
Presenter dan Jurnalis di Trans TV
Koresponden Detik.com
Penulis Buku
 
Karya Buku
Menapak Jejak Amien Rais (2010)
99 Cahaya di Langit Eropa (2011)
Berjalan di Atas Cahaya (2013)
Bulan Terbelah di Langit Amerika (2014)
Faith and The City (2015)
Di Balik Bulan Terbelah: Menapak Jejak Film Bulan Terbelah di Langit Amerika (2015)
I am Sarahza (2018)