Mentan Ikut Sumbangkan Gaji 1 Tahun untuk Korban Gempa NTB

Kementerian Pertanian (Kementan), Amran Sulaiman
Sumber :

VIVA – Kementerian Pertanian (Kementan) bergerak cepat mengumpulkan bantuan kemanusiaan bagi pra korban gempa di Lombok, NTB. Ribuan warga Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang menjadi korban gempa saat ini memang sangat membutuhkan bantuan bahan makanan. Sebagai bentuk kepedulian terhadap para korban, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menyerahkan bantuan yang dihimpun Kementerian Pertanian (Kementan) senilai 10 miliar lebih, di Kantor Pusat Pertanian, Kawasan Ragunan, Jakarta (6/8/2018). 

Jagung Pemberian Kementan Buat Peternak Dikritik karena Ini

"Sekitar 3 jam kami berkoordinasi, terkumpul 10 miliar lebih. Baik berupa uang,  bahan makanan maupun hewan ternak", ujar Menteri Amran. 

"Ini adalah ujian bagi saudara kita di NTB,  ujian bagi kita juga penduduk Indonesia, ujian bagi rasa persatuan kita utk berbagi dengan sesama. Ini adalah ladang amal, masing-masing dari kita harus memberi contoh", ajak Amran. 

Polemik Data Jagung Surplus Saat Harga Mahal, Ini Dia Masalahnya

Bantuan senilai 10 miliar lebih itu dikumpulkan dari berbagai pihak yang dikoordinasikan Kementan. Di antaranya Badan Urusan Logistik (Bulog), perusahaan makanan dan minuman, asosiasi-asosiasi petani dan peternak, asosiasi eksportir dan importir, asosiasi pengusaha bahan pangan, pabrik gula, perusahaan perkebunan, perusahaan kendaraan bermotor, hingga perusahaan asuransi. Kementerian sendiri memberikan bantuan sebesar 2 miliar lebih, termasuk berupa hewan ternak. Termasuk Menteri Amran yang menyerahkan bantuan sebesar 1 tahun gaji nya sebagai Menteri Pertanian. 

Daftar Sebagian Para Pemberi Bantuan 

Petani Porang di Jawa Timur Girang Disubsidi Pupuk

Kementerian Pertanian Rp 1,7 miliar

PT Indofood 1 mobil box mie instan

PT. Bulog 5 ton beras

Asosiasi pengusaha bawang merah Rp 125 juta

Asosiasi pelaku usaha ekportir importir Rp 130 juta

Asosiasi pengusaha bawang putih Rp 125 juta

Asosiasi pengusaha sarang walet Rp 190 juta

PT. RNI    1 mobil box gula

PT.PN      Rp 100 juta

Pinsar      Rp 18 juta

PT. Food Statio Rp 20juta

PT. Pupuk Indonesia Rp 2 miliar

Frutang Rp 150 juta

Ditjend tanaman Pangan Rp 1 miliar 

PT Honda   2 unit genset 250watt & Pompa 10 unit

PT. Jasindo Rp 100 juta

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya