Tips Mendapatkan Tempat Duduk Idaman di Pesawat Terbang

Ilustrasi kabin pesawat.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Saat memilih tempat duduk di pesawat, ada banyak pertimbangan yang biasanya menjadi alasan mengapa ingin duduk di bagian tersebut. Misalnya saja jika Anda sering ke toilet, maka tempat duduk di dekat lorong kabin pesawat adalah tempat terbaik. Namun bagi Anda yang ingin tidur tanpa gangguan selama perjalanan pasti lebih suka duduk di dekat jendela.

Mengintip Keindahan Alam Malang: Air Terjun, Gunung, dan Pantai

Nah, jika Anda sudah tahu pertimbangan apa saja yang dipikirkan ketika memilih tempat duduk di pesawat, berikut ini ada tips mendapatkan tempat duduk yang Anda sukai di dalam pesawat yang bisa jadi referensi.

Lakukan pembelian tiket pesawat secara online

Membaca Pergerakan Warga saat Mudik Lebaran

Beberapa maskapai Indonesia memungkinkan Anda untuk membeli tempat duduk secara online, tepatnya pada saat Anda ingin online check in melalui website masing-masing maskapai. Saat beli secara online Anda punya kebebasan untuk memilih dimana Anda akan duduk dibandingkan membeli saat check in di bandara.

Ada banyak aplikasi pembelian tiket online, salah satunya, Traveloka, perusahaan teknologi penyedia aplikasi travel booking untuk destinasi lokal dan internasional. Mengapa aplikasi ini bisa menjadi rekomendasi? Traveloka menjadi perusahaan online travel agent (OTA) pertama di Indonesia yang memperkenalkan fitur online check-in, yang dapat diakses secara langsung oleh Anda sebagai pelanggan melalui Traveloka App versi 2.18 ke atas. Fitur online check-in merupakan fitur yang memungkinkan pelanggan Traveloka melakukan check-in bahkan sebelum tiba di bandara.

Explore Serunya Liburan dan Wisata Kuliner di Makau dengan Promo Traveloka

Fitur check-in online dapat diakses pelanggan Traveloka di Indonesia untuk penerbangan domestik dengan maskapai Batik Air, Citilink, Garuda Indonesia, Lion Air, Wings Air, dan Sriwijaya Air. Saat ini, proses check-in online dapat dilakukan melalui Traveloka App mulai 24 jam sebelum keberangkatan, atau sesuai dengan kebijakan dan peraturan maskapai. Setelah berhasil melakukan check-in online, pelanggan akan mendapatkan boarding pass yang dapat diakses melalui e-tiket pada aplikasi Traveloka.

Beli tempat duduk saat check in di bandara

Jika Anda tidak bisa membeli secara online karena tidak memiliki kartu kredit untuk pembayaran, membeli tempat duduk saat check in di bandara juga bisa jadi pilihan. Namun, Anda wajib mengeluarkan biaya tambahan.

Namun ada kemungkinan jika kursi favorit Anda sudah dibeli oleh orang lain yang memesannya secara online, sehingga pilihannya lebih terbatas, tapi jauh lebih fleksibel dibandingkan jika kursi Anda dipilihkn secara otomatis melalui sistem.

Beradu keberuntungan dengan check in lebih awal

Jika Anda tidak ada rencana untuk membeli seat khusus selama penerbangan, trik yang bisa dilakukan adalah check in lebih awal. Meski kursi Anda akan di-assign secara otomatis melalui sistem, namun biasanya tempat duduk yang diberikan jauh lebih menyenangkan bagi sebagian orang.
Misalnya di dekat jendela atau di deretan agak depan. Namun trik ini tergantung keberuntungan Anda. Tidak ada jaminan jika Anda bisa mendapatkan seat yang Anda inginkan jika tidak ingin membelinya.

Lakukan check in online

Trik lain yang sering berhasil adalah check in online -seperti yang telah disebutkan pada poin pertama. Meski saat check in online sistem juga yang akan memilihkan tempat duduk, namun dalam beberapa kasus tempat duduk yang dipilihkan sistem justru sesuai dengan keinginan.

Sebagai contoh, fitur check-in online dapat diakses pelanggan Traveloka di Indonesia untuk penerbangan domestik dengan maskapai Batik Air, Citilink, Garuda Indonesia, Lion Air, Wings Air, dan Sriwijaya Air. Saat ini, proses check-in online dapat dilakukan melalui Traveloka App mulai 24 jam sebelum keberangkatan, atau sesuai dengan kebijakan dan peraturan maskapai.

Selamat mencoba!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya