5 Tips Bayar Tagihan Listrik Tanpa Panik

Ilustrasi hemat listrik
Sumber :

VIVA – Sejak dulu, aktivitas masyarakat tidak lepas dari kebutuhan listrik. Namun, karena dituntut oleh kesibukan aktivitas setiap hari, banyak orang sering lupa untuk membayar tagihan listrik. Kendala lainnya, banyak juga yang tak sadar sudah menggunakan listrik terlalu banyak sehingga tagihan bulanannya membengkak. Hal tersebut menjadi alasan banyak orang yang panik saat akan membayar tagihan listrik.

Membaca Pergerakan Warga saat Mudik Lebaran

Untuk menghadapinya, ada beberapa cara yang dapat kita lakukan, seperti mulai hemat penggunaan listrik dan menggunakan alat elektronik hemat energi. Selain itu, ada beberapa tips lainnya yang perlu Anda perhatikan agar tidak panik saat membayar tagihan listrik. Apa saja? Simak tipsnya di bawah ini!

1. Bayar tagihan secara online

Explore Serunya Liburan dan Wisata Kuliner di Makau dengan Promo Traveloka

Saat ini, bayar tagihan listrik dapat dilakukan secara online dengan hanya menggunakan ponsel pintar. Dengan cara ini, Anda hanya perlu mengakses situs penyedia layanan pembayaran listrik, lalu menyelesaikan pembayaran dalam hitungan detik. Beberapa bentuk pembayaran online misalnya: situs resmi PLN, m-banking, e-banking, maupun agen pembayaran online.

Untuk pilihan terbaik, agen pembayaran online merupakan cara paling praktis yang tersedia. Salah satu agen pembayaran online terbaik saat ini adalah Traveloka. Selain menjadi agen travel online, Traveloka juga menyediakan layanan pembayaran untuk berbagai tagihan, salah satunya tagihan listrik. Membayar tagihan PLN di Traveloka bisa memberikan Anda berbagai keuntungan, seperti proses yang mudah dan cepat, dapat diakses di mana saja, serta keamanan yang terjamin.

10 Tips Menikmati Perjalanan Mudik atau Pulang Kampung dengan Bus

2. Pakailah listrik pascabayar

Saat menggunakan listrik pascabayar, pelanggan akan mengisi daya listriknya dengan membeli sejumlah pulsa. Kemudian, pulsa listrik tersebut dapat digunakan untuk jangka waktu tertentu.

Dengan metode ini, penggunaan listrik bisa lebih terkontrol karena pengguna sudah mengetahui daya yang dimiliki sejak sebelum pemakaian. Jika daya sudah mulai menipis sebelum tenggat waktu yang diperkirakan, itu artinya Anda harus mulai memperhatikan penggunaan listrik dan melakukan penghematan lebih.

3. Catat histori pembayaran setiap bulan

Untuk memastikan penggunaan listrik Anda stabil, lakukanlah pencatatan histori pembayaran listrik setiap bulannya. Pantau tingkat naik turun penggunaan listrik yang telah digunakan. Jika perlu, lakukan pencatatan lebih mendalam pada jam-jam tertentu untuk mengetahui kapan waktu penggunaan listrik terbanyak dan alat apa saja yang paling menyedot listrik.

Cara tersebut akan sangat membantu Anda dalam membuat rencana penghematan. Menariknya, Anda juga bisa memantau fluktuasi pembayaran tagihan listrik melalui Traveloka. Caranya, Anda perlu mengakses 'daftar pembelian' pada akun Traveloka dan memilih filter pembayaran tagihan.

4. Menghemat penggunaan alat elektronik

Menghemat penggunaan alat elektronik merupakan hal krusial agar tidak panik saat membayar tagihan listrik, terutama untuk pengguna listrik prabayar. Anda harus lebih ketat dalam memilih alat elektronik untuk digunakan pada jam-jam tertentu. Ada beberapa cara yang bisa membantu Anda untuk menghemat penggunaan alat elektronik, di antaranya:

  • Memadamkan penerangan di pagi hingga sore hari
  • Mematikan pendingin ruangan saat tidak ada orang
  • Mematikan lampu dan televisi saat tidur di malam hari
  • Mencabut kabel listrik dari sakelar apabila tidak digunakan
  • Memasang AC dengan suhu 25 - 30 derajat celsius
  • Menyetrika dan mencuci baju di siang hari

Jika diterapkan dengan rutin, berbagai cara di atas pasti akan membuat tagihan listrik Anda akan lebih terkontrol. Dengan menghemat penggunaan listrik, Anda juga berkontribusi untuk menyelamatkan lingkungan.

5. Menggunakan alat elektronik hemat energi

Selain membiasakan diri menghemat penggunaan alat elektronik, cara lain yang dapat membantu mengurangi tagihan listrik adalah dengan beralih pada perangkat elektronik hemat energi. Saat ini, sudah banyak sekali alat elektronik yang diproduksi dengan teknologi canggih yang mampu menghemat energi listrik dengan sangat baik.

Beberapa contohnya adalah AC inverter yang dapat mengonversi energi listrik menjadi lebih rendah saat suhu kamar tercapai. Dengan menggunakan AC inverter, Anda tetap bisa memasang AC dalam jangka waktu lama tanpa khawatir berlebihan menggunakan listrik.

Selain AC, saat ini juga sudah ada TV, mesin cuci, kulkas, bahkan kloset hemat energi. Harga belinya mungkin lebih mahal, namun untuk penggunaan jangka panjang, produk-produk tersebut terbukti lebih menghemat pengeluaran listrik Anda.

Itulah lima tips yang agar tidak panik saat membayar tagihan listrik. Jika dilakukan dengan rutin, bukan tidak mungkin jika tagihan listrik Anda akan lebih terkontrol. Cara tersebut juga tergolong mudah untuk diterapkan, bukan? Nantinya, Anda tak perlu cemas lagi saat datang hari pembayaran tagihan listrik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya