Ruas Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi Seksi I Resmi Beroperasi

Presiden Joko Widodo (kedua kiri) berbincang dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kiri) dan Menteri BUMN Rini Soemarno (kanan) saat akan meresmikan pengoperasian Jalan Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 1 (Ciawi-Cigombong) di Gerbang Tol Cigombong, Bogor, Jawa B
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – PT Trans Jabar Tol “(TJT)” Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang 99,99% sahamnya dimiliki PT Waskita Toll Road “(WTR)”, pada hari ini 1 Desember 2018 telah mengoperasikan seksi I Ciawi – Cigombong sepanjang 15,35 km dari total seluruh ruas tol Bogor - Ciawi - Sukabumi sepanjang 54 km. Pengoperasian ruas tol seksi I tersebut dimulai setelah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo di hari yang sama.

PUPR: Jalan Tol Bocimi Ruas Cigombong-Cibadak Siap Difungsikan Mulai Hari Ini

Seluruh Ruas tol Bogor – Ciawi – Sukabumi (“BOCIMI”) diperkirakan akan selesai seluruh tahap pembangunan dari seksi 1 sampai dengan seksi 4 pada triwulan IV tahun 2022. Dengan beroperasinya ruas tol BOCIMI seksi 1 (Ciawi – Cigombong), maka pengguna jalan dapat mempersingkat waktu tempuh perjalanannya secara signifikan.

Ir. Herwidiakto M. Tech selaku Direktur Utama WTR, mengharapkan dengan beroperasinya ruas tol ini akan dapat dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat sekitar dan masyarakat umum sehingga dapat memicu pertumbuhan perekonomian masyarakat di sekitar ruas tol BOCIMI. Beroperasinya ruas tol seksi I BOCIMI ini menambah jumlah ruas tol WTR yang telah beroperasi menjadi 8 ruas tol dari total 18 ruas tol yang dimiliki WTR.

Pertamina Patra Niaga Siagakan Stok BBM, Antisipasi Macet Imbas Longsor di Tol Bocimi

Bapak Herwi juga menyebutkan bahwa WTR akan terus berkomitmen untuk menyelesaikan seluruh ruas-ruas tol yang dimiliki. Saat ini ruas tol yang berada di ruas tol Trans Jawa yang mayoritas dimiliki WTR, hampir seluruhnya telah beroperasi.

Sisa seksi ruas tol Pemalang – Batang yang masih dalam penyelesaian pembangunan diharapkan akan dapat mulai beroperasi penuh dalam waktu dekat, sehingga dapat digunakan pada saat libur natal tahun 2018 dan tahun baru 2019.

Longsor Tol Bocimi Bakal Pengaruhi Lalin Mudik Lebaran, Menhub Ungkap Alternatifnya
Sejumlah pengendara melintas di Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) seksi I yang belum beroperasi di Ciawi, Bogor, Jawa Barat

Tol Bocimi Dibuka Fungsional One Way untuk Arus Balik Lebaran, Simak Jadwalnya

Ruas Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (tol Bocimi) diberlakukan fungsional untuk arus balik lebaran arah Jakarta pada Sabtu sore, 13 April 2024,

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024