Hindari 7 Kesalahan Ini Saat Beli Tiket Pesawat Online - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Selasa, 19 Februari 2019 | 15:40 WIB

Hindari 7 Kesalahan Ini Saat Beli Tiket Pesawat Online

Banyak orang gagal dapatkan tiket murah akibat kesalahan saat booking.
Ilustrasi pesawat/traveling.
Photo :
  • Pixabay/Free-Photos

Ilustrasi pesawat/traveling.

VIVA – Musim liburan segera tiba. Sudahkah kamu menentukan destinasi liburanmu? Jika destinasi tersebut harus ditempuh menggunakan pesawat, maka jangan buru-buru untuk booking tiket pesawat tersebut. Karena, banyak orang yang akhirnya gagal mendapatkan tiket murah akibat melakukan kesalahan saat booking tiket pesawat secara online. Nah, untuk menghindari kesalahan tersebut, sebaiknya ketahui dulu kesalahan apa saja sih yang sering dilakukan oleh para calon penumpang pesawat. Berikut ulasannya.

1. Booking tiket terlalu awal

Sebagain dari kamu mungkin berpikir kalau booking tiket pesawat dari jauh-jauh hari akan membuka peluang bagi kamu untuk mendapatkan tarif yang paling murah. Padahal, untuk mendapatkan tiket pesawat murah tak perlu membookingnya di jauh-jauh hari, lho. Untuk beberapa kondisi, biasanya beberapa maskapai justru memberikan harga tiket penerbangan terendahnya di 2 hingga 3 minggu sebelum hari keberangkatan. Hal ini dilakukan agar kuota kursi penumpang bisa terpenuhi.

2. Telat booking tiket pesawat

Booking tiket terlalu awal memang tidak disarankan, namun membookingnya terlalu lambat pun bisa membuat kamu merugi. Yap, sudah menjadi rahasia umum kalau harga tiket pesawat akan melambung tinggi jika dipesan mendekati hari keberangkatan. Nah, agar kamu tidak menyesal, sebaiknya jangan sampai telat booking tiket pesawat, ya!

3. Booking tiket di hari yang salah

Kesalahan lain yang sering dibuat oleh calon penumpang adalah membooking tiket pesawat di hari yang salah. Akhir pekan, mulai dari hari Jumat hingga hari Minggu merupakan hari yang tidak disarankan untuk memesen tiket pesawat, karena di hari tersebut harga tiket akan jauh lebih mahal.

Sementara itu, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli ternyata hari kamis adalah hari yang tepat untuk memesan tiket pesawat, karena kamu bisa mendapatkan harga termurah untuk pernerbangan domestik atau pun internasional. Enggak percaya? Kamu buktiin sendiri dengan booking tiket pesawat melalui online travel agent (OTA). Yuk, coba!

4. Tidak mengecek harga di bandara alternatif

Kalau ditanya lebih pilih mendarat di bandara utama atau bandara alternatif, maka mana yang akan kamu pilih? Kebanyakan dari kamu pasti lebih memilih untuk mendarat di bandara utama karena lebih praktis dan biasanya jaraknya lebih dekat dengan lokasi tujuan.

Padahal, jika terbang atau turun di bandara alternatif, kamu berkesempatan untuk mendapatkan tarif termurah tergantung dengan destinasi pilihanmu. Untuk memastikannya, coba bandingkan harga penerbangan di beberapa bandara sebelum membooking tiket pesawat.

5. Booking tiket pesawat sebelum pesan hotel

Berdasarkan data yang diperoleh dari situs Hopper, memesan tiket pesawat sebelum memesan hotel adalah tindakan yang salah. Hal ini dikarenakan biaya perjalanan bisa meningkat bila memesan hotel belakangan. Apalagi, jika kamu memesannya mendekati hari keberangkatan. Untuk mendapatkan tarif termurah, Hopper menyarankan untuk memesan hotel terlebih dahulu, dua atau tiga bulan sebelum kamu membooking tiket pesawat.

6. Tidak membandingkan harga tiket setiap maskapai

Setiap maskapai penerbangan menawarkan promo harga yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, jangan hanya terpaku pada satu maskapai saja. Kamu harus membandingkan harga tiket pesawat antar maskapai demi mendapatkan tarif paling murah. Meskipun harus menempuh waktu perjalanan yang lebih lama, namun demi liburan hemat, tak ada salahnya untuk memilih harga termurah, kan?

7. Langsung pesan tanpa berpikir

Kesalahan paling umum yang dilakukan oleh penumpang adalah membeli tanpa berpikir. Mereka berpikir bahwa mereka tidak akan mendapatkan harga tiket murah lagi jika tak langsung segera membayarnya. Padahal, kamu tak perlu tergesa-gesa dalam membayar tiket yang telah kamu pesan. Setiap calon penumpang diberikan waktu kurang lebih 24 jam untuk menyelesaikan pembayaran, namun pada rentangan waktu tersebut, kamu masih bisa mengecek jadwal penerbangan untuk berburu tiket pesawat murah.

Kesalahan ini memang terlihat sepele, namun kurang telilti saat membeli tiket pesawat online bisa membuat kamu merugi. Jadi, pastikan kalau kamu tidak membuat kesalahan apa pun saat booking tiket pesawat.

Muat Lainnya...