Pertama Kali ke Jepang? Ini yang Wajib Anda Siapkan - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Rabu, 20 Februari 2019 | 15:17 WIB

Pertama Kali ke Jepang? Ini yang Wajib Anda Siapkan

Nomor 4 cukup penting juga, lho! Jangan sampai kelupaan.
Wisata di Kota Tokyo, Jepang.
Photo :
  • VIVA/Syahrino Putama

Wisata di Kota Tokyo, Jepang.

VIVA – Jepang adalah salah satu tempat liburan impian sehingga bisa dikatakan bisa merasakan secara langsung budaya Jepang adalah salah satu pencapaian dalam hidup. Mulai dari masyarakatnya yang sangat teratur sampai sarana dan prasarana kotanya yang sudah jauh lebih maju, jelas membuat Anda semakin tak sabar untuk ke Jepang.

Nah, untuk Anda yang berencana ke Jepang dalam waktu dekat, ini hal yang wajib Anda siapkan. Jangan sampai ada yang terlewat.

1. Paspor sebagai identitas pribadi di luar negeri

Sebaiknya Anda paham bahwa paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari suatu negara yang memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antar negara. Jadi, sudah jelas ketika Anda hendak bepergian ke luar negeri, paspor wajib sudah ada di tangan Anda.

Untuk mempersiapkannya, Anda tidak akan kerepotan sebab kini Anda bisa membuatnya dengan cara online melalui kantor imigrasi terdekat dari lokasi tempat Anda tinggal. Anda tidak perlu lagi antre seharian untuk membuatnya.

2. Visa sebagai tanda bukti Anda boleh masuk sebuah negara

Visa adalah tanda bukti 'boleh berkunjung' yang diberikan pada penduduk suatu negara jika memasuki wilayah negara lain yang mempersyaratkan adanya izin masuk. Khusus untuk liburan ke Jepang, selain pemegang e-paspor, Anda tetap memerlukan visa.

Sejak 1 Desember 2014 silam, pemerintah Jepang memang telah mengeluarkan kebijakan bebas visa bagi para pemegang e-paspor Indonesia, namun bebas visa hanya berlaku untuk kunjungan maksimal 15 hari, bila berencana untuk tinggal lebih dari 15 hari, atau tujuan bekerja di Jepang, Anda wajib mengajukan permohonan visa dengan mengikuti peraturan yang berlaku.

Jelas, Anda tidak ingin diusir karena melanggar izin tinggal, kan?

Kemudian, untuk caranya, sama sekali tidak sulit: Anda hanya perlu membawa e-paspor dan formulir aplikasi yang sudah kamu isi ke Kantor Kedutaan Besar Jepang di Indonesia. Setelah mengajukan permohonan tersebut, Anda tinggal menunggu hasil registrasi. Stiker bebas visa Jepang akan ditempelkan pada e-paspor.

3. Tiket pesawat ke Jepang, cari yang promo!

Ya, namanya juga bepergian ke luar negeri, Anda jelas memerlukan tiket pesawat. Untuk mendapatkan tiket pesawat ke Jepang, Anda wajib mencari yang promo. Caranya? Silakan pasang alert untuk semua jenis travel fair yang bakal dilaksanakan. Hadiri dan pantau harga tiket pesawat ke Jepang di travel fair tersebut.

Selain itu, instal juga aplikasi jualan tiket pesawat online, seperti salah satunya Traveloka di smartphone kemudian pasang alert untuk harga tiket pesawat ke Jepang. Anda juga sebaiknya follow akun-akun media sosial dari aplikasi penjualan tiket pesawat tersebut untuk tahu promo apa saja yang sedang berlaku. Jangan sampai Anda terlewat!

4. Koneksi internet agar tetap terkoneksi dengan keluarga di Indonesia

Mengapa Anda perlu koneksi internet di Jepang? Pertama, Anda jelas ingin selalu mengabari kondisi Anda selama di luar negeri pada keluarga yang ada di Indonesia. Selain itu, sebagai pendatang di Jepang, Anda jelas tidak hapal setiap sudut kota-kota di Jepang.

Aplikasi maps dan google jelas menjadi andalan Anda selama di Jepang. Kemudian, yang terakhir: Liburan tidak akan gunanya bila tidak di-share ke media sosial. Ya, koneksi internet akan membuat Anda tetap terhubung dengan media sosial.

Cara termudah supaya hal itu bisa terlaksana dengan baik adalah menyewa portable WiFi atau membeli SIM card data khusus di Jepang. Banyak sekali penyedia jasa sewa portable WiFi untuk di Jepang. Bisa dipilih mulai dari penyewaan yang ada di Jakarta maupun yang ada di Jepang.

Selamat menikmati liburan ke Jepang!

 

loading...
Muat Lainnya...