Toyota Yaris Puncaki Podium JSTC pada Tingkat Nasional - VIVA
X
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Rabu, 7 Agustus 2019 | 14:35 WIB

Toyota Yaris Puncaki Podium JSTC pada Tingkat Nasional

Setelah juara di WRC pada tingkat global.
Indonesian Sentul Series of Motorsport 2019
Photo :
  • Toyota Team Indonesia (TTI)

Indonesian Sentul Series of Motorsport 2019

Ikut serta dalam salah satu kelas seri balap touring paling menantang pada Minggu 4 Agustus 2019 lalu, Toyota Yaris berhasil mengamankan podium kelas Production Max 1.600 (P2) dalam ajang Japan Super Touring Car (JSTC) Championship.

Kedua pembalap Toyota Team Indonesia (TTI) yang menggunakan Toyota Yaris secara bersamaan berpartisipasi dalam satu ajang balap yang sama dan berkompetisi dengan berbagai mobil yang memiliki spesifikasi dan bahkan kelas mesin berbeda-beda. Baik Haridarma Manoppo dan Demas Agil selalu merasa tertantang dan termotivasi untuk memberikan hasil yang terbaik di ajang JSTC Championship ini.

Setelah melakukan persiapan yang matang, Haridarma Manoppo akhirnya berhasil meraih podium 1 pada JSTC kelas P2 dan disusul oleh rekan satu tim-nya, Demas Agil pada podium 2. Kemenangan kedua pembalap TTI ini dilengkapi oleh pembalap privateer yang menggunakan Toyota Yaris, Mirza Putra Utama pada podium 3. Mirza sendiri merupakan pembalap muda dan berbakat yang beberapa kali telah mendapatkan bimbingan dari pembalap TTI.

“Di kelas JSTC ini, tantangannya berbeda di mana kami harus bisa dengan cermat me-mantain kondisi kendaraan untuk tetap prima sepanjang balap berlangsung. Sedikit saja terjadi kesalahan dapat membuat kami kehilangan posisi, mengingat banyak mobil dengan spesifikasi mesin yang lebih kuat ikut serta pada ajang ini. Saya bersyukur dengan performa Yaris yang ternyata sangat kuat untuk membantu saya dalam menjaga momentum, sehingga tidak mudah bagi pembalap lain untuk dapat melewati saya,” ungkap Haridarma.

Senada dengan seniornya, Demas Agil yang pada tahun 2019 ini memfokuskan dirinya sebagai pembalap TTI di kelas Touring menyatakan ada keseruan tersendiri turun di kelas JSTC.

“Berkompetisi dengan mobil yang memiliki spesifikasi dan kelas mesin yang berbeda bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan strategi yang jitu dan konfigurasi mobil yang tepat untuk dapat memenangkan ajang JSTC ini. Saya bersyukur berhasil meraih podium ke-2, setelah memacu performa Yaris secara maksimal dalam bersaing dengan mobil lain yang lebih kuat, sehingga dapat mempertahankan posisi terdepan pada ajang ini,” ujar Demas dengan bangga.

Menurut Fransiscus Soerjopranoto selaku Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor yang merupakan Principal dari TTI, tujuan dari keikutsertaan kedua pembalap TTI di kelas JSTC ini adalah untuk dapat mengembangkan performa mobil dan skill pembalap secara konsisten untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya.

“Tidak hanya bertujuan untuk terus memajukan dan meramaikan olahraga balap mobil di Tanah Air, tetapi ajang JSTC ini juga bisa menjadi sarana bagi kami untuk melakukan riset dalam pengembangan performa Yaris agar semakin kuat. Selain itu, berpartisipasi pada ajang JSTC juga menjadi sarana bagi pembalap TTI untuk dapat mengasah kemampuan dan menambah pengalaman mereka dalam dunia balap. Sejauh ini, kami cukup puas bahwa Yaris dapat bersaing dengan baik pada ajang yang bergengsi ini. Terlepas dari hasil yang membanggakan ini, kami juga sudah melihat ada beberapa poin yang harus menjadi fokus bagi tim TTI untuk dikembangkan ke depannya,” ucap Soerjo.

Tidak hanya di seri balapan domestik, Toyota Yaris juga membuktikan performanya di seri balapan mancanegara. Pada 4 Agustus 2019 lalu, Toyota Yaris berhasil meraih prestasi membanggakan dalam kancah perlombaan dunia FIA World Rally Championship (WRC) yang berlangsung di negara Finlandia. Ini adalah kemenangan ketiga kalinya bagi tim Toyota Yaris WRC setelah berhasil memenangkan seri yang sama pada tahun 2017 dan 2018 secara berturut-turut.

Pada seri balapan ini, pembalap Ott Tänak berhasil mempertahankan podium 1 seperti tahun 2018 lalu dan pembalap Jari-Matti Latvala, yang menjadi pembalap tuan rumah, berhasil meraih podium ke 3. Dengan keberhasilan memenangi seri ke-9 di Finlandia, posisi pembalap Ott Tänak menjadi semakin kuat dalam memimpin perebutan juara dunia di tahun 2019 dengan 180 poin.

“Toyota Yaris merupakan produk yang tidak hanya menawarkan fitur yang dapat mendukung lifestyle masyarakat Indonesia, tetapi juga menawarkan performa yang sangat baik bagi penggunanya. Hal ini terbukti dari suksesnya peran Yaris dalam meraih berbagai prestasi membanggakan dalam seri balapan domestik dan seri balapan mancanegara,” tutup Soerjo.

loading...
Muat Lainnya...