Krakatoa Nirwana Resort Rintis Penanaman Bakau di Pulau P

Kegiatan penanaman bakau (mangrove) di Pulau P oleh nelayan sekitar, Jumat (16/8).
Sumber :

VIVA – Salah satu anak usaha Bakrieland Development, Krakatoa Nirwana Resort (KNR) melakukan kegiatan pemeliharaan terhadap alam Indonesia tepat di momen hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74. 

Bakrie & Brothers Cetak Laba Rp 348 Miliar di 2023, Ditopang Sektor Manufaktur dan TI

Di tanggal 16 Agustus 2019, KNR merintis kegiatan penanaman bakau (mangrove) di salah satu pulau tidak berpenghuni yang disebut masyarakat sekitar dengan nama Pulau P di Selat Sunda. Penanaman dilakukan oleh karyawan KNR bersama-sama dengan para nelayan yang tinggal di sekitar Lampung Selatan. 

Dwi Prasetiyo selaku General Manager KNR menyampaikan “Setelah sukses melakukan penanaman bakau di pantai kawasan KNR, kami ingin berkontribusi lebih lagi kepada masyarakat sekitar dengan mulai merintis penanaman bakau di pulau-pulau sekitar, mulai dari pulau P.

Indonesian Government to Provide Incentives for VKTR Electric Bus

Selain itu, kami belajar dari peristiwa tsunami yang menerjang Lampung Selatan pada tahun 2018, melalui penanaman bakau di pulau sekitar pantai, kami harapkan dapat membangun pertahanan alami bagi masyarakat Lampung Selatan yang tinggal di pesisir pantai.” 

Di tahun 2013, KNR meluncurkan program CSR “Check Out for Earth” yang berfokus dalam menularkan semangat cinta lingkungan kepada seluruh masyarakat. Salah satu program yang menjadi program unggulan adalah “Penanaman Pohon Bakau”.

Aninditha Bakrie Ajak Kolaborasi di Open House Yayasan Bakrie Demi Kemajuan Indonesia

Selama 6 tahun program ini berjalan, KNR telah menanam lebih dari 13.000 pohon bakau yang tersebar di pantai kawasan KNR. Atas usahanya ini, KNR telah meraih 3 penghargaan di bidang lingkungan yang seluruhnya diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Lampung. Penghargaan Kalpataru Kategori Perintis di tahun 2014, penghargaan “the Most Inspiring” CSR program di tahun 2016, dan penghargaan Sustainability Awards untuk kategori Lingkungan di tahun 2018. 

KNR merupakan Unit Usaha PT. Krakatau Lampung Tourism Development (KLTD), Anak Perusahaan PT Bakrieland Development Tbk (Bakrieland) yang mengelola kawasan yang berlokasi di Kalianda Lampung Selatan, yang saat ini terdapat usaha hotel Grand ELTY Krakatoa dan sejumlah Park & Recreation.

Program CSR yang dilakukan KNR merupakan bagian dari implementasi Corporate Sustainability Bakrieland di mana setiap Unit Usaha Bakrieland diharapkan dapat berkontribusi, salah satunya pada masyarakat sekitar, tidak hanya dibidang pendidikan, melainkan juga di bidang lingkungan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya