Pengenalan Kehidupan Kampus Y.A.I Dibingkai Nilai Pancasila

Mahasiswa Kampus YAI Bersama Jajaran Pimpinan LPT YAI
Sumber :
  • LPT YAI

Seiring perkembangan zaman, informasi saat ini dapat dengan mudah diakses oleh khalayak luas. Hal tersebut menjadikan setiap individu harus selektif dalam menerima dan mencerna informasi. 

Wisuda Lembaga Pendidikan Tinggi Y.A.I (UPI Y.A.I - STIE Y.A.I - AA Y.A.I) Tahun Akademik 2021/2022

Adapun isu-isu yang saat ini sedang berkembang, yaitu Suku, Agama, Ras dan Antar-Golongan (SARA) yang mana tidak dapat dimungkiri berkembang pula di kalangan pelajar ataupun mahasiswa.

Satu contoh berita yang saat ini sedang terjadi dan berkembang dari berbagai media adalah isu SARA yang dialami oleh mahasiswa dari Papua yang merasa mendapat perlakuan tidak menyenangkan dari salah satu oknum di sebuah kota di wilayah Jawa Timur.

Ramalan Zodiak Jum’at 19 April 2024, Sagitarius: Teman dekat Mungkin Mengkhianatimu

Sebagai generasi muda penerus bangsa yang berpendidikan, seharusnya kita harus dapat bersikap cerdas dan bijaksana dalam menelaah semua informasi yang ada untuk meminimalisir terjadinya konflik.

Karena dengan permasalahan yang banyak terjadi saat ini di kalangan mahasiswa, maka dari itu Kampus Y.A.I (Universitas Persada Indonesia Y.A.I - Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Y.A.I - Akademi Akuntansi Y.A.I) mengadakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa/i Baru Tahun Akademik 2019/2020 dengan mengusung tema "Pengenalan Kehidupan Kampus LPT Y.A.I sebagai Peletak Dasar Pengembangan Integritas Intelektual dan Moralitas bagi Insan Mahasiswa yang Dibingkai Nilai-nilai Pancasila”.

Terpopuler: Klaim Israel soal Iran Disebut Halu, Ribuan Pendukung Prabowo Siap Jadi Amicus Curiae

Acara ini dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 12 September 2019, mulai pukul 08.00 WIB, di Kampus Diponegoro LPT Y.A.I, Jl. P. Diponegoro No.74, Jakarta Pusat.

Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Y.A.I tersebut bertujuan untuk mengembangkan pemahaman tentang esensi kehidupan mahasiswa dalam konteks budaya dan berbangsa serta bernegara, juga dalam konteks kebhinekaan dan kehidupan global yang berbasis nilai-nilai Pancasila.

Selain itu, terdapat sosialisasi mengenai pencegahan dan bahaya dalam penggunaan narkoba dari Badan Narkotika Nasional (BNN) yang diberikan oleh Kepala BNNP DKI Jakarta, yang mana diikuti oleh sekitar ribuan mahasiswa/i baru Kampus Y.A.I.

Tidak hanya mengenalkan mahasiswa/i baru ke dalam lingkungan kampus, Kampus Y.A.I pun akan terus meningkatkan kualitas pendidikan agar membentuk mahasiswa yang cerdas dan berbudi pekerti yang luhur sehingga nantinya berkompeten di bidangnya dan dapat bersaing di dunia kerja.

Perlu diketahui pula, pelaksanaan PKKMB mengacu pada surat edaran Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi - Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 413/B/SE/VII/2018 tentang Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa yang mengimbau agar Kegiatan Pengenalan Kampus ini dapat diisi dengan materi tentang pengenalan kehidupan kampus, baik akademik maupun non-akademik disertai materi wawasan kebangsaan, kesadaran bela negara, serta meredam radikalisme dengan metode yang tepat.

Acara ini diisi oleh Letnan Kolonel Dr. I Nyoman Astawa, M.Si., M. Fil serta motivator Dedy Susanto. Selain itu, ada juga penampilan atau atraksi dari mahasiswa/i serta sharing pengalaman-pengalaman dengan mahasiswa/i berprestasi di kancah nasional ataupun internasional Kampus Y.A.I.

Kegiatan ini juga diharapkan mampu menumbuhkan keakraban di antara mahasiswa/i, agar terjadi transfer informasi tentang pengembangan penalaran dan kreativitas mahasiswa/i, serta organisasi kemahasiswaan yang ada di kampus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya