Mengenal Perbedaan Manga, Manhwa, Manhua dalam Dunia Perkomikan
Rabu, 24 Juni 2020 | 15:02 WIB

Mengenal Perbedaan Manga, Manhwa, Manhua dalam Dunia Perkomikan

Daripada bingung, yuk kita kupas apa itu manga, manhwa dan manhua.
Manhwa Tower.
Photo :

Manhwa Tower.

VIVA – Topik ini menjadi salah satu yang menarik untuk dibahas. Buat kalian yang baru saja memasuki dunia komik, beberapa kata-kata ini mungkin membingungkan. Daripada bingung, yuk kita kupas apa itu manga, manhwa dan manhua satu per satu.

Manga


Manga One Piece

Manga adalah komik yang berasal dari Jepang. Kebanyakan manga mempunyai ciri khas gambar tersendiri yang berasa dari era abad ke 19. Gaya menggambar ini sebenarnya mempunyai sejarah yang Panjang. 

Manga sendiri mempunyai banyak genre, action, adventure, comedy, drama, horror, romance, shoujo, shounen, isekai dan masih banyak lagi. Sejak 1950, manga telah menjadi industri besar di dunia percetakan Jepang. Di tahun 1995, market manga di Jepang dinilai hingga 6-7 miliar US dolar, dengan penjualan sebanyak 1.9 miliar buku dan majalah.

Cerita manga dulunya dicetak dalam hitam putih — karena ketatnya tenggat waktu dan untuk menekan biaya cetak supaya murah, walaupun ada saja manga berwarna yang beredar saat itu (contohnya Colorful Fushigi neko no Kyuu-chan).

Di Jepang manga berseri biasanya dipublikasikan di majalah khusus manga. Majalah itu memuat episode bersambung dari banyak judul. 

Kumpulan episode di dalam majalah tersebut nantinya akan dipublikasi ulang dalam seri tankobon. Jika manga yang diterbitkan menjadi populer, judul tersebut akan diadaptasi menjadi anime.

Namun beberapa manga justru terbit berdasarkan anime atau tv seri yang sudah ada. Pada umumnya manga dibaca dari kanan-ke-kiri. Beberapa contoh manga online adalah Black Clover, Naruto, One Piece, Doraemon dan banyak lagi.