Jaga Ketahanan Pangan, Bakrie Amanah Luncurkan Kampung Makmur

Jaga Ketahanan Pangan, Bakrie Amanah Luncurkan Kampung Makmur

Kamis, 9 Juli 2020 | 10:59 WIB
Oleh :
Dimulai dengan program pemberdayaan ekonomi untuk masyarakat.
Peluncuran Kampung Makmur Bakrie Amanah.
Photo :

Peluncuran Kampung Makmur Bakrie Amanah.

VIVA – Masyarakat yang adil dan makmur adalah tujuan pembangunan nasional. Dalam tatanan praktis (operasional), kemandirian dan kesejahteraan menjadi indikator masyarakat yang makmur. Kemandirian dan kesejahteraan masyarakat diawali dengan terpenuhinya kebutuhan dasar berupa sandang, pangan dan papan. Konsep inilah yang mendasari lahirnya Kampung Makmur Bakrie Amanah.

Setelah berhasil melakukan pilot project Kampung Makmur di Desa Kopang, Kecamatan Madana, Lombok Utara yang diawali dengan pemenuhan kebutuhan papan pasca gempa, dilanjutkan dengan pembangunan sarana fisik lainnya untuk kebutuhan ibadah, pendidikan dan kesehatan dalam bentuk masjid, mushola, sekolah dan posyandu, serta ketahanan dari aspek ekonomi melalui budidaya lebah, kini Bakrie Amanah meresmikan Kampung Makmur berikutnya di desa Bojongsari Baru, kota Depok yang dimulai dengan program pemberdayaan ekonomi untuk masyarakat. Bekerjasama dengan Yayasan Sabilul Ummah, Bakrie Amanah melakukan sinergi dalam memfasilitasi warga melakukan budidaya talas pratama dan bebek hibrida.  

Kemakmuran dengan indikator kemandirian dan kesejahteraan, dimulai dengan pemetaan sosial untuk menggali sumber daya alam unggulan dan sumber daya manusia di sebuah tempat, dalam hal ini Ds. Bojong Baru. Langkah berikutnya adalah penguatan institusi lokal yang menjadi salah satu komponen pemberdayaan khususnya dalam menampung aspirasi warga dalam mencurahkan gagasan, mendiskusikan dan mengimplementasikan gagasan yang telah disepakati dalam bentuk program-program pemberdayaan. 


Entry point Bakrie Amanah di wilayah Bojong Baru ini adalah kerjasama dengan lembaga pemberdayaan lokal, yaitu Yayasan Sabilul Ummah dalam bentuk program charity di masa pandemic Covid-19 dan bulan Ramadhan dalam bentuk penyaluran sembako.

“Alhamdulillah, untuk dua tahapan mengenai social mapping dan kebutuhan adanya  institusi lokal dalam Program Kampung Makmur di Ds. Bojong Baru ini, Bakrie Amanah tinggal melakukan review dan mendiskusikannya beberapa hal yang memang sudah dilakukan oleh Yayasan Sabilul Ummah,” jelas Khairul Muttaqien selaku koordinator Program Pemberdayaan Bakrie Amanah. 

Berita Terkait :