Kebakaran di Kemensos Dipadamkan Cepat, Mensos Apresiasi Kerja Tim

Mensos sampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada tim Security Kemensos dan Tim dari Dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta.
Sumber :

VIVA – Sistem proteksi dan pencegahan kebakaran di Gedung Kemesos terbukti berjalan dengan baik. Meskipun Gedung Kemensos di Jalan Salemba Raya No 28 Jakarta Pusat itu tergolong sudah tua, kebakaran yang terjadi di lantai lll, cepat bisa diatasi.

Tersambar Petir, Bangunan Saung Bambu Mang Eking di Tangerang Terbakar

"Gedung Kemensos ini dibangun termasuk peralatan dan perlengkapannya sejak tahun 1980. Anggaran perawatannya pun minim. Namun karena sistem proteksi berfungsi baik, di samping kesigapan dan kehandalan tim keamanan Kemensos pemadaman kebakaran berkala cepat dan efektif," kata Mensos (21/09).

Mensos menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas kecepatan dan kesigapan tim Security Kemensos dan Tim dari Dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta.

Petugas Damkar Meninggal Dunia Usai Padamkan Kebakaran di Gedung LBH Jakarta

"Kita berharap sistem proteksi pencegahan kebakaran terus dicek secara periodik dan fungsi pemadaman dapat dijalankan oleh petugas Kemensos disamping kerjasama dengan Dinas Kebakaran tentunya,” kata Mensos.

Terkait simulasi kebakaran hari ini di Kemensos, Mensos Juliari menyatakan, simulasi dilakukan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan koordinasi antar Instansi dalam menghadapi ancaman kebakaran.

Gedung LBH Jakarta Kebakaran, Ada Ledakan di Lantai 2

Ia mengatakan, banyak gedung tua  berdiri di Jakarta, dan ini bila tidak dirawat dengan baik akan rawan menimbulkan kebakaran. Gedung Kementerian Sosial sendiri merupakan gedung yang sudah cukup lama berdiri. 

"Sebenarnya kalau gedungnya tua tidak terlalu masalah. Namun instalasi listrik di dalamnya ini yang rawan menimbulkan kebakaran. Hal-hal semacam ini, juga perlu diantisipasi di Kemensos," katanya.

Oleh karena itu,  pada hari ini,  Kementerian Sosial menggelar simulasi menghadapi kebakaran.. “Tujuannya agar muncul kesiapsiagaan dan koordinasi antar instansi terkait, termasuk dengan Dinas Kebakaran DKI Jakarta," katanya.

Insiden kebakaran terjadi tadi pagi jam 03.50 WIB lantai III yang mengelola anggaran terbesar di seluruh K/L mengeluarkan asap.

Setelah dicek oleh Tim security Kemensos dan Dinsos Pemadam Kebakaran DKI Jakarta dibawah komando Pak Sunaryo menemukan titik api di lantai dasar.

Persis di ruang teknisi ada mixer sound sistem terkemuka dan kemudian asapnya cukup tinggi. Tetapi titik api secara cepat dapat diketahui dan tidak menjalar ke ruang lainnya. Pukul 04.20 titik api sudah dapat dipadamkan dan kebakaran tidak merambat ke tempat lain.

Sekjen Kemensos Hartono Laras menyampaikan, Kemensos memang secara periodik melakukan pengecekan.

Kamis pekan lalu, tim pemadam kebakaran datang ke Kemensos untuk mengecek secara periodik dan sekaligus mematangkan persiapan sebelum dilaksanakan simulasi pemadaman kebakaran hari ini.

Sekjen mengatakan, untuk itu perawatan termasuk perbaikan instaslasi listrik dan perbaikan gedung yang sudah tua akan diusulkan untuk mendapatkan anggaran dari APBN.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya