Logo timesindonesia

Libur Akhir Tahun, Wisatawan Bromo Naik 300 Persen

Aktifitas wisata di kawasan Laut Pasir Bromo saat libur akhir tahun. (FOTO: Happy/TIMES Indonesia)
Aktifitas wisata di kawasan Laut Pasir Bromo saat libur akhir tahun. (FOTO: Happy/TIMES Indonesia)
Sumber :
  • timesindonesia

Menjelang liburan akhir tahun, jumlah wisatawan Gunung Bromo Probolinggo, Jawa Timur membludak hingga mencapai 300 persen.

Peningkatan wisatawan terjadi sejak liburan natal 2019 lalu, hingga pergantian tahun baru nanti.

Gunung berketinggian 2.329 meter dari permukaan laut ini masih menjadi primadona untuk melewatkan libur akhir tahun. Diprediksi, jumlah wisatawan akan terus membludak hingga mencapai ribuan orang, pada waktu malam pergantian baru tiba.

“Saat ini jumlah wisatawan sudah mencapai di atas seribu orang per hari, sebelumnya rata-rata hanya 300 pengunjung saja,” kata Kasi Lautan Pasir TNBTS, Subur Hari Handoyo, Jumat (27/12/2019).

Berdasarkan data dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Cemoro Lawang, kenaikan wisatawan melonjak sampai 300 persen sejak menjelang natal 2019 lalu. Pada hari biasa, wisatawan yang datang hanya berkisar antara 200 hingga 400 orang saja. Saat ini, melonjak sampai 1.500 orang.

Puncaknya, pada pergantian tahun 2019 – 2020, wisatawan yang datang melalui pintu masuk Probolinggo diprediksi mencapai 5.000 orang lebih. Pihak TNBTS menghimbau agar wisatawan memperhatikan rambu-rambu keselamatan saat berwisata di kawasan gunung bromo. Salah satunya, jarak aman satu kilometer yang masih berlaku hingga saat ini.

Pesona bukit teletubies dan panorama alam bromo yang masih asri, terbukti mampu mengusik rindu untuk datang kembali dan menikmatinya. Tak ayal, setiap musim liburan akhir tahun kawasan bromo selalu dipenuhi wisatawan dari berbagai daerah.