Logo ABC

Kisah Muslimah Australia Berkontribusi di Dunia Olahraga

Amna Karra-Hassan bermain untuk klub footy Auburn Giants.
Amna Karra-Hassan bermain untuk klub footy Auburn Giants.
Sumber :
  • abc

Ketika Amna Karra-Hassan membentuk klub sepakbola khas Australia (footy) wanita pertama di Sydney Barat pada 2011, dia tidak membayangkan apa yang bakal terjadi. Berikut penuturannya kepada wartawan ABC Cathy Jacobs.

Saya termotivasi untuk membentuk tim footy karena dua alasan. Pertama: menurut saya semua gadis harus bermain olahraga apa pun yang mereka inginkan.

Kedua: sebagai seorang wanita Australia, Muslim keturunan Lebanon yang tinggal di Sydney Barat, semua orang menyoroti politik identitas saya. Ini cara saya merebut kembali percakapan mengenai hal itu.

Saya ini generasi pasca 11 September dan tak suka menyebutnya demikian. Tapi benar. Hal itu membayangi masa remajaku, terkait dengan apa yang terjadi di dunia dan apa kata orang tentang saya.

Kemudian juga pengalaman saya di rumah dan di sekolah yang harus saya tempuh sebagai seorang dwi-budaya.

Rasanya komunitas asal saya, atau Sydney Barat secara keseluruhan, selalu diawasi dan diberitakan secara negatif. Banyak masalahnya. Seluruh identitas saya pun dikaitkan dengan masalah.

Saya bersemangat sekali menyuarakan upaya menciptakan kesan positif bagi orang mengenai daerah ini.

Jika ada kesempatan datang ke sekolah menemui murid-murid perempuan, atau melalui pelatihan dan peluang lainnya, saya pasti jadi yang pertama dan paling depan.

Perjalanan panjang Amna runs on field Bagi Amna, remaja putri bermain footy itu sudah merupakan suatu kemenangan.

ABC News