Dibandingkan Sepang, Sirkuit MotoGP Mandalika Punya Keunggulan - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Minggu, 24 November 2019 | 06:58 WIB

Dibandingkan Sepang, Sirkuit MotoGP Mandalika Punya Keunggulan

Mandalika menggabungkan olahraga dan wisata.
Mandalika, Lombok.
Photo :
  • VIVA/Satria Zulfikar (Mataram)

Mandalika, Lombok.

VIVA – Mandalika Grand Prix Association sebagai anak perusahaan ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation), secara resmi akan menghelat ajang balap motor MotoGP pada 2021 mendatang. 

Chief Executive Officer MGPA, Ricky Baheramsjah memastikan, MotoGP 2021 di Mandalika menjadi acara yang terbaik.

"Fokus utama sebenarnya, adalah untuk memastikan bahwa kami akan menampilkan acara (MotoGP) yang menarik tahun 2021. Visi MGPA adalah menawarkan acara olahraga (MotoGP) kelas dunia yang menarik dari Indonesia, secara khusus Mandalika, Lombok," ujarnya di kawasan SCBD, Jakarta, Sabtu 23 November 2019.

"Selain itu, kami juga mencari cara untuk mengembangkan event lain dan menjadikannya (Lombok) sebagai tujuan destinasi yang menarik, seperti visi dari MGPA sendiri," tambah Ricky.

Direktur utama ITDC, Abdulbar M Mansoer menyebutkan, ITDC memiliki latar belakang pariwisata, sehingga diharapkan mampu mengombinasi antara pariwisata dan olahraga, khususnya MotoGP. 

"ITDC memiliki latar belakang pariwisata, dan sudah pernah mengembangkan Bali serta Nusa Dua. Kami berusaha untuk mengombinasi antara pariwisata dan olahraga, terutama yang kami pilih adalah MotoGP," katanya.

 ?Sirkuit Mandalika nantinya juga dipakai untuk jalan kawasan, sehingga akan tetap berguna jika tidak ada balap. Sebagai pengembang pariwisata, ITDC harus membuat Sirkuit Mandalika tetap efektif. 

"Namanya street race ya, sebagai pengembang pariwisata kami pilih seperti itu karena efisien sekali. Karena kalau tidak ada balap, kami juga pakai untuk jalan kawasan. Kalau di Sirkuit Sepang, pas kosong ya jadi stadion kosong. Tapi, tempat kami tetap berguna sepanjang tidak ada balap," ungkapnya.

Untuk menjalani visi MGPA, Ricky menyebutkan bahwa pembangunan Sirkuit Mandalika memiliki investasi di bagian infrastruktur, sehingga dapat digunakan untuk hal-hal lain juga.

"Untuk benar-benar mengikuti visi MGPA, Mandalika telah menjadi tujuan acara olahraga. Kami mencari event lain, seperti maraton dan triathlon,” ungkapnya.

Laporan Febrika Indirawati / Jakarta

loading...
Muat Lainnya...