Sapu Bersih Penggawa Hong Kong, Indonesia Tapaki Semifinal

Tunggal putra junior Indonesia, Christian Adinata
Sumber :
  • PBSI

VIVA – Tiket babak semifinal berhasil direbut tim bulutangkis Indonesia di ajang BWF World Junior Championships 2019. Menghadapi tim Hong Kong di babak perempatfinal, Kamis 3 Oktober 2019, armada Merah Putih menyapu bersih kemenangan dengan skor 3-0 di arena Kazan Gymnastics Center, Rusia.

Ribuan Pebulutangkis Unjuk Gigi di Kejuaraan Level Nasional SBOT 2023

Keunggulan Indonesia dibuka oleh kemenangan di partai pertama yang memainkan laga ganda campuran. Pasangan juara dunia junior 2018, Leo Rolly Carnando/Indah Cahya Sari Jamil sukses melibas Lui Chun Wai/Yeung Pui Lam dengan rubber game, 16-21, 21-13 dan 21-17.

(Baca juga: Bidik Tiket Semifinal, Indonesia Waspadai Kejutan Hong Kong)

Jonathan/Adrian Pratama Juara Ganda Putra U-19

Turun pertama kalinya di WJC 2019 ini, Leo/Indah dipaksa bermain rubber game oleh Lui/Yeung. Setelah kehilangan game pertama, Leo/Indah berhasil bangkit dan menemukan ritme permainan mereka di game kedua dan ketiga.

"Saya masih sering kurang yakin dengan pukulan-pukulan saya, jadi mengukur akurasinya harus disesuaikan sama kondisi cahaya dan angin di lapangan, makanya agak kurang enak tadi, belum maksimal," jelas Indah tentang penampilannya.

Christian Adinata Cedera Lutut Parah dari Malaysia Masters 2023, Dapat Penanganan Serius

"Soal kondisi di lapangan sih sama dengan yang dibilang Indah, kadang silau, menang angin, kalah angin, jadi kalau smashm bola atasnya kurang pas. Kami masih cari feeling mainnya," tambah Leo.

Putri Kusuma Wardani menambah keunggulan skuat Merah Putih menjadi 2-0 usai menekuk perlawanan Cheng Sin Yan Happy Serena dengan skor 21-7 dan 21-18. Indonesia pun melaju 2-0 atas Hong Kong.

Menang telak di game pertama, Putri sempat tertinggal di game kedua. Kedua pemain pun sempat saling berkejaran angka hingga 15-15, Putri lagi-lagi tertinggal 15-17, namun di poin kritis, ia masih bisa mengembalikan fokusnya dan balik unggul match point 20-18 dan akhirnya menang.

"Waktu di game kedua itu saya memang panik, saya sudah tahu ada angin tapi banyak main bertahan dan pengembalian saya tanggung dan pertahanan saya selanjutnya juga nggak siap. Jadi di game kedua itu saya banyak kehilangan poin," ujar Putri seusai laga.

Kepastian tim Indonesia melaju ke semifinal dipastikan oleh kemenangan di partai ketiga yang dimainkan wakil tunggal putra, Christian Adinata. Menghadapi Jason Gunawan, Christian Adinata dipaksa bermain tiga game untuk memastikan kemenangan.

Sempat unggul 21-14 di game pertama, Christian justru gagal merebut game kedua saat Jason Gunawan melesat 23-12. Namun, kematangan Christian Adinata pun teruji saat sukses mensegel tempat di semifinal berkat kemenangan di game penentu, 21-10 dan membawa Indonesia menang dengan skor 3-0.

Di semifinal besok, Jumat 4 Oktober 2019, Christian Adinata cs akan meladeni perlawanan tim Thailand yang mampu melibar Prancis di perempatfinal juga dengan skor 3-0.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya