Keren, Gaya Liliyana Natsir Jadi Motivator Pebulutangkis Cilik

Bintang bulutangkis, Liliyana Natsir
Sumber :
  • VIVAnews/Rahmad Noto

VIVA – Usai gantung raket, tak berarti membuat Liliyana Natsir meninggalkan dunia bulutangkis. Peraih medali emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016 tersesbut hadir di Audisi Umum Beasiswa Bulutangkis yang digelar PB Djarum di GOR Sudirman Surabaya, 20-22 Oktober 2019.

PBSI Kudus dan PB Djarum Gelar Festival Seneng Minton 2024

Atlet yang kerap disapa Butet itu datang sebagai salah satu tim pemandu bakat. Selain itu, atlet yang sempat menjadi trending di media sosial dengan tagar #ThankYouButet juga berbagi ilmu dan membakar semangat para pebulutangkis yang masih bertahan hingga hari kedua, Senin 21 Oktober 2019.

"Audisi berjalan baik dan saya lihat antusiasnya luar biasa! Bakat anak-anak ini bagus-bagus banget jadi mudah-mudahan di antara mereka ada yang menjadi penerus membanggakan nama bangsa," ungkapnya disela-sela mengamati pertandingan.

363 Bibit Bulutangkis Muda Ramaikan Kejuaraan Klub Mitra PB Djarum 2024

Mantan tandem Tontowi Ahmad ini hadir di semua kota gelaran Audisi Umum Beasiswa Bulutangkis 2019. Butet, yang kini juga bertugas sebagai Technical Adviser PB Djarum, memikul tanggung jawab baru dalam pencarian bakat bulutangkis dari setiap atlet muda di Indonesia melalui Audisi Umum.

Sektor putri, menjadi sorotan utamanya di lima kota Audisi Umum. Sebab, tidak mudah mencari pebulutangkis putri karena harus menghadapi ujian mental lebih berat seperti yang pernah dirasakan. 

Tontowi Ahmad Tularkan Ilmu Juara ke Pebulutangkis Muda di Kudus

“Saya suka menyemangati atlet-atlet putri di kota-kota Audisi Umum agar mereka jangan cepat down. Perempuan memang jiwanya lebih mellow, lebih perasa, dan lebih soft. Tapi adik-adik harus bisa cepat menghilangkan itu untuk berjuang masuk ke klub, jauh dari orangtua, dan berjuang sendiri, seperti yang saya rasakan dulu,” kenang Butet.

Mengingat masa lalunya, nekat meninggalkan kampung halaman pada usia relatif masih belia, Butet lantas menyelipkan pesan bagi para pebulutangkis yang tengah berjuang melalui Audisi Umum yang digelar di kota pahlawan ini.

"Dalam olahraga itu ada menang dan belum berhasil. Pada saat belum diterima, bukan berarti gagal total. Tetaplah semangat untuk terus berlatih, karena kalian masih punya kesempatan untuk mencoba lagi. Jangan cepat kecewa," ujarnya di hadapan ratusan pebulutangkis cilik.

"Bagi kalian yang sudah terpilih, perjalanan kalian masih panjang. Masih ada berbagai tahap yang harus dilewati. Terus pacu diri kalian agar bisa lebih baik lagi," tambahnya.

Hingga hari kedua, dari total 815 peserta kini tersisa  48 peserta yang berhasil lolos Tahap Turnamen. Rinciannya 16 peserta di kelompok U-11 Putra, 8 peserta (U11 Putri), 16 peserta (U-13 Putra), dan 8 peserta (U-13 Putri).

Mereka akan kembali bertanding sebanyak dua kali di hari ketiga, Selasa 22 Oktober 2019, guna meraih Super Tiket menuju tahap Final Audisi di Kudus pada 20-22 November 2019.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya