Menpora Zainudin: Bonus Bakal Terus Mengalir untuk Atlet Berprestasi

Atlet panjat tebing Indonesia Aries Susanti Rahayu (kanan) beradu kecepatan saat kualifikasi putri kejuaraan dunia panjat tebing di Chongqing, Cina, Jumat, 26 April 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

VIVA – Menteri Pemuda dan Olahraga yang baru saja dilantik, Zainudin Amali menegaskan, pemerintah akan terus memberikan perhatian kepada atlet. Salah satunya adalah dengan pemberian bonus kepada atlet yang berprestasi.

Ini Sosok Wasit yang Pimpin Duel Timnas Indonesia U-23 Vs Australia, Kontroversial Lagi?

Zainudin mengatakan, pemerintah melalui Kemenpora akan memonitor atlet-atlet bertalenta dan mengarahkan mereka, agar mampu mencapai prestasi maksimal. Di samping itu, bonus akan menjadi penyemangat bagi atlet untuk tetap konsisten dengan prestasinya.

"Jadi, orang tidak melihat olahraga tidak punya masa depan. itu yang jadi tugas pemerintah," kata Zainudin di program Apa Kabar Indonesia Pagi tvOne, Senin 28 Oktober 2019. 

Dulu Bawa Indonesia Sabet Emas SEA Games, Pramudya Kusumawardana Kini Bela Australia

Sejalan dengan itu, Zainudin mengungkapkan, pemerintah berupaya membangkitkan semangat para atlet-atlet Indonesia, untuk mampu bersaing di kancah internasional. Sebab, saat ini, atlet Indonesia tak kalah kualitas dengan atlet internasional.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali

Red Sparks Vs Indonesia All Stars, Tim Korea Selatan Tak Mau Main-main

Namun, kekurangannya adalah atlet Indonesia, kurang percaya diri jika tampil berhadapan dengan atlet internasional. "Dengan semangat mereka, itu membangkitkan rasa percaya diri. Atlet Indonesia tidak boleh rendah diri di mata bangsa lain," ujarnya.

"Kita harus anggap mereka sama. Satu dari kelemahan kita selama ini kurang percaya diri. Sekarang, kita harus nyatakan dengan negara lain, kalau kita sama dan kita bisa berprestasi," tegasnya.

Lebih lanjut, Zainudin mengatakan, pihaknya juga akan sangat hati-hati saat memberikan bonus kepada atlet. Sehingga, bonus itu benar-benar bermanfaat bagi atlet dan negara.

“Kemenpora menggunakan APBN, jadi sudah ada aturannya dana itu untuk pembinaan, event, dan bonus prestasi olahraga kita. Tetapi, kami harus hati-hati. Penggunaaan APBN harus tertuju pada yang sudah direncanakan sejak awal," jelasnya.

Terdekat, atlet-atlet Indonesia bakal tampil di SEA Games 2019 Manila, Filipina. Kabar ini, tentu menjadi angin segar bagi atlet-atlet Indonesia untuk meraih medali, sekaligus mengumpulkan pundi-pundinya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya