Balap Sepeda Bergengsi Tour de Singkarak Panaskan Aspal Sumatera Barat

Sejumlah warga melihat pebalap Tour de Singkarak 2018 pada etape delapan, melintas di daerah Teluk Bayur, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi

VIVA – Ajang balap sepeda bergengsi Tour de Singkarak telah dimulai. Aspal di Sumatera Barat akan dipanaskan 108 pembalap dari 25 negara mulai hari ini hingga 10 November 2019 mendatang.

Bernard van Aert Tambah Wakil Indonesia di Olimpiade 2024

Para pembalap akan menjajal rute sepanjang 1.362 kilometer. Ada beberapa rute baru yang akan dibuka. Salah satunya adalah Jambi, yang baru masuk sebagai rute pada penyelenggaraan tahun ini.

Rute balapan akan dibagi ke sembilan etape dan melewati berbagai situs wisata. Tentu, ini akan menjadi hiburan tersendiri bagi para peserta.

17 Atlet Indonesia Pastikan Tiket ke Olimpiade 2024, Berikut Daftarnya

Sebab, mereka akan disajikan dengan daya tarik dari keindahan bumi Sumatera Barat.

"TDS kali ini dilaksanakan sebanyak sembilan etape dan melewati berbagai macam situs wisata. Jambi sudah masuk. Ada tawaran dari Provinsi lain. Mungkin, di tahun depan bisa saja melewati kawasan Sumatera lainnya. Tapi, ikonnya tetap TDS," kata Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit.

Indonesia Berpeluang Kirim Atlet Balap Sepeda ke Olimpiade 2024

Selain rute, ada juga peningkatan hadiah yang cukup besar. Tahun ini, event yang sudah masuk ke kalender resmi UCI tersebut menawarkan total hadiah mencapai Rp2,3 miliar.

Tak cuma untuk pembalap, event TDS, diharapkan oleh Nasrul bisa memberikan dampak ekonomi besar kepada masyarakat lokal.

"Harus memberi manfaat kepada mereka. Ada bazar dan pameran yang digelar, sehingga ekonomi rakyat bisa terangkat," jelas Nasrul.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya