Rusia Dilarang Tampil di Olimpiade 2020 dan Piala Dunia 2022

Timnas Rusia
Sumber :
  • Twitter: @football_fg

VIVA – Kabar menghebohkan datang dari Rusia. Mereka terkena hukuman tidak boleh tampil di ajang olahraga internasional selama empat tahun.

Bukan Hanya Palestina, Ini 9 Negara yang Belum Diakui Keanggotannya oleh PBB

Itu merupakan putusan dari badan antidoping dunia (WADA). Artinya, Negara Tirai Besi itu dipastikan bakalan absen dari perhelatan Olimpiade 2020 dan Piala Dunia 2022 mendatang.

Keputusan tersebut disampaikan oleh Komite Eksekutif WADA dalam pertemuan di Lausanne, Swiss. Disebutkan bahwa badan antidoping Rusia (Rusada) melakukan manipulasi data laboratorium terhadap penyidik pada Januari 2019 lalu.

Pertama Kali, Ukraina Tembak Jatuh Pesawat Pengebom Rusia

Dan WADA memberikan tenggat waktu 21 hari bagi Rusia untuk mengajukan banding. Dan sumber Sky Sport melaporkan, pihak terkait akan mengambil kesempatan tersebut untuk membela diri kepada Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).

Timnas Bola Basket Rusia

Daftar Negara Sekutu Iran yang Siap Bantu Jika Perang Terjadi, Ada China hingga Rusia

Meski terkena hukuman, atlet asal Rusia tetap diperbolehkan tampil di ajang olahraga internasional atas nama individu. Mereka akan dinyatakan bernaung di bawah bendera netral.

Sementara itu, Timnas sepakbola Rusia juga tetap akan tampil di Piala Eropa 2020 nanti. Alasannya, UEFA tidak dipertimbangakan dalam kategori 'major event organisation'.

Rusia diketahui lolos ke putaran final Piala Eropa 2020. Mereka juga akan menjadi tuan rumah, dengan St Petersburg sebagai host city ajang tersebut.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya