Sirkuit Sentul Jadi Tuan Rumah Balap Gokart Internasional

Asian Karting Open Championships (AKOC) 2020.
Sumber :

VIVA – Sebagai salah satu sirkuit terbaik di Indonesia, Sentul kembali ditunjuk menjadi tuan rumah ajang balap bertaraf internasional. Kali ini, balapan itu bertajuk Asian Karting Open Championships (AKOC) 2020, yang digelar di Sentul International Karting Circuit (SIKC) pada 14-16 Februari 2020.

Gokar Jadi Batu Loncatan Menuju Ajang Balap Dunia

Ini adalah kali pertama AKOC kembali menyambangi Tanah Air setelah absen selama 10 tahun. Masuknya AKOC merupakan hasil kerja sama antara PT Sarana Lintasan Indonesia (SLI, pengelola Sentul Karting Circuit), RFT, serta Tanada Racing.

Keseriusan dalam menggelar AKOC ditunjukkan pengelola dengan melakukan perbaikan serta optimalisasi di sirkuit hingga berbuah Homologasi Grade B dari Komisi Karting Dunia (CIK).

Gokar Listrik Hadir di Indonesia, Lengkap dengan Sirkuit

Homologasi Grade B menjadi syarat bagi penyelenggara yang ingin menghelat kejuaraan tingkat Asia di negaranya. Sementara itu, Homologasi A diperlukan penambahan fasilitas sesuai dengan yang ditentukan CIK jika ingin menggelar kejuaraan gokart tingkat dunia.

"Kami selaku pengelola Sirkuit Sentul merasa senang bahwa Sirkuit Sentul bisa didaulat menjadi tuan rumah dari laga pembuka Asian Karting Open Championships 2020," ujar Direktur PT SLI, Kemas Haikal, dalam konferensi pers di Jakarta, Senin 10 Februari 2020.

Pembalap Indonesia Qarrar Firhand Berhasil Finis Kelima di Trofeo Andrea Margutti

"Semoga saja Asian Karting Open Championships ini bisa menjadi tren yang baik dan positif sehingga ke depannya Sirkuit Sentul bisa terus menggelar ajang gokart internasional secara berkelanjutan," lanjutnya.

Rencananya, akan ada 80 peserta yang akan mengikuti AKOC di Sirkuit Sentul. Pegokart lokal berjumlah 50 orang dan pegokart mancanegara terdiri atas Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Sri Lanka, Jepang, hingga Macau.

Sebenarnya ada juga pegokart dari China yang berjumlah setidaknya 13 orang. Tapi, lantaran merebaknya wabah virus Corona, belum ada kepastian mereka akan tetap ikut atau tidak.

"Seperti kita tahu, gokart merupakan dasar dari olahraga balap, sehingga para peserta yang rata-rata terdiri dari anak-anak hingga remaja ini bisa mendapatkan tempat yang layak untuk berkompetisi," ujar Direktur RFT yang juga penyelenggara AKOC 2020, Rifat Sungkar.

Pada 2020, AKOC akan digelar sebanyak lima putaran. Berikut jadwal lengkap AKOC 2020:

Putaran 1
14-16 Februari 2020 (Sentul International Circuit)

Putaran 2
18-19 April 2020 (Beijing, China)

Putaran 3
6-7 Juni 2020 (Kartodromo De Coloane Circuit, Macao China)

Putaran 4
19-20 September 2020 (Carmona Race Track, Filipina)

Putaran 5
5-6 Desember 2020 (Kartodromo De Coloane Circuit, Macao China) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya