Virus Corona Jadi 'Berkah' untuk Timnas Indonesia

Latihan Timnas Indonesia.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/wsj.

VIVA – Virus Corona atau COVID-19 menjadi "berkah" tersendiri untuk Timnas Indonesia. Tiga laga Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia resmi ditunda sebagai pencegahan terhadap virus mematikan tersebut.

Bukan Hina Pemain Korea Selatan, Ernando Minta Maaf dan Jelaskan Alasan Joget Usai Gagalkan Penalti

Berdasarkan jadwal sebelumnya, Timnas Indonesia akan bertamu ke Thailand pada 26 Maret 2020, menjamu Uni Emirat Arab pada 31 Maret 2020 dan Vietnam pada 4 Juni 2020. Wakil Ketua Umum PSSI, Cucu Somantri menyebut, ketiga laga itu kemungkinan besar akan digeser hingga Oktober 2020 mendatang.

Situasi ini pun berimbas pada rencana Timnas Indonesia yang memulai pemusatan latihan pada 16 Maret mendatang. Skuad besutan Shin Tae-yong tersebut dipastikan batal melakukan pemusatan latihan karena ditundanya jadwal pertandingan.

Pj Gubernur Sumut Optimis Timnas Indonesia Melaju ke Final Piala Asia U-23

"FIFA Matchday ada pengunduran jadwal. Tadinya ada jadwal pertandingan pada Maret dan Juni, tapi diundur menjadi Oktober," kata Cucu kepada wartawan di Jakarta Pusat, Rabu 4 Maret 2020.

"Pertandingan (Kualifikasi Piala Dunia 2022) melawan Thailand, UEA, dan Vietnam itu ditunda. Dari FIFA, jadwal pelaksanaannya akan digelar Oktober 2020. Makanya, TC (pemusatan latihan) juga ditiadakan," ujarnya.

Nonton Langsung di Qatar, Fitri Carlina Menangis Saat Timnas Indonesia Menang Lawan Korea Selatan

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, memandang positif penundaan ini. Pria yang akrab disapa Iwan Bule ini menganggap pelatih Shin Tae-yong memiliki lebih banyak waktu untuk mengenal pemain Indonesia. Sehingga, dia bisa lebih matang mempersiapkan strateginya untuk mengarungi sisa pertandingan di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

"Saya pikir jelaslah (menguntungkan Shin Tae-yong). Beliau akan melihat mana kira-kira pemain yang akan dia panggil," ujar Iwan Bule kepada wartawan saat ditemui di SUGBK, Jakarta, Jumat 6 Maret 2020.

"Alhamdulillah, di lain sisi ada penundaan tapi di sisi lain ada keuntungan waktu untuk Shin Tae-yong lebih fokus kepada pemain-pemain yang akan dipakai nanti di Timnas," lanjutnya.

PR Khusus untuk Timnas

Penundaan ini membuat pemusatan latihan (TC) yang sejatinya digelar pada 16 Maret 2020 batal digelar. Meskipun demikian, bukan berarti para pemain bisa bersantai.

Sebelum pemain dipulangkan ke klub, ternyata tim pelatih Shin Tae-yong memberikan pekerjaan rumah. Hal itu diungkapkan oleh gelandang muda tim Garuda, Sani Rizki.

"Kemarin sebelum ditunda TC, ada imbauan kalau kami pemain harus jaga pola makan, gym dan jangan lupa latihan katanya. Untuk jaga fisik," kata Sani ketika dihubungi VIVA.

"Untuk virus Corona, menurut saya faktor utama kita sebagai pemain ya kesehatan dijaga jangan hiraukan wabah. Jaga diri sendiri itu intinya," lanjut dia.

Timnas Indonesia masih menyisakan tiga pertandingan di lanjutan babak penyisihan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Indonesia memiliki tugas berat. Tim Merah Putih berada di dasar klasemen Grup G setelah selalu kalah dalam lima pertandingan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya