Kemenpora Gelar Pesta Olahraga Anak Usia Dini

Perayaan Hari Anak Nasional di sejumlah daerah
Sumber :
  • ANTARA FOTO

VIVA.co.id – Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional 2017, Kementerian Pemuda dan
Olahraga menyelenggarakan kegiatan pesta olahraga anak, yang bertemakan Gerakan Ayo Olahraga melalui “Family Sport Fun Festival” pada Minggu, 30 Juli 2017. Sebagai bentuk pelaksanaan dari Instruksi Presiden No. 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Sehat, Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga membuat kegiatan ini untuk mensosialisasikan kegiatan gemar berolahraga sejak dini, dimulai dari lingkungan terkecil, yaitu keluarga.

Meski Sudah Malam, Maarten Paes Hadiri Rapat Kerja Komisi X DPR Pakai Baju Kerah Timnas Indonesia

Dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, sekitar 1000 peserta dari anak usia dini beserta orang tua / wali akan diajak turut serta berpartisipasi dalam aneka perlombaan olahraga yang dimodifikasi sesuai dengan karakteristik anak usia dini. Tidak seperti pertandingan dalam ranah olahraga prestasi, dalam kegiatan ini prestasi bukan menjadi tujuan, melainkan nilai-nilai dan manfaat yang terkandung di dalam perlombaan tersebut yang menjadi perhatian utama.

Konsep kegiatan yang melibatkan keluarga ini berawal dari keprihatinan pemerintah terhadap perkembangan anak usia dini yang cenderung lebih menyukai permainan gadget dan segala hal yang berbau digital, daripada permainan yang mengandung aktivitas gerak fisik. Padahal, pada jenjang usia dini, anak membutuhkan lebih banyak aktivitas fisik untuk
melatih gerak motorik dasarnya.

37 Pemain Diaspora Dicoba untuk Timnas Indonesia U-16

Kurangnya gerak bagi anak dapat mengakibatkan berbagai risiko yang kurang baik bagi kesehatannya di masa yang akan datang. Selain itu, perhatian anak yang semakin minim terhadap aktivitas olahraga, bisa berdampak kurang baik bagi perkembangan prestasi olahraga nasional ke depannya. Berawal dari hal ini, Asisten Deputi Pengembangan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus pada Kementerian Pemuda dan Olahraga memilih momen Hari Anak Nasional 2017 sebagai sarana sosialisasi kepada masyarakat khususnya para orang tua agar dapat membudayakan olahraga pada anak-anak
mereka sejak usia dini.

Dengan melibatkan partisipasi orang tua, pemerintah ingin memperkenalkan model permainan gerak untuk anak usia dini yang bisa diterapkan oleh orang tua di lingkungan keluarga atau rumah. Diharapkan, nantinya para orang tua dapat mendukung dan mendampingi kegiatan anak-anak untuk berolahraga dengan berbagai metode yang menarik dan menyenangkan.

Tingkatkan Prestasi Pemuda dan Olahraga Nasional, Menpora RI dan Dispora DKI Berkolaborasi

Bertempat di Museum Olahraga Nasional, Taman Mini Indonesia Indah, kegiatan ini sekaligus sebagai sarana memperkenalkan Museum Olahraga Nasional kepada anak usia dini. Sebagai media untuk menambah wawasan anak usia dini dan keluarganya tentang keolahragaan.

Museum Olahraga Nasional diharapkan dapat menjadi sebuah stimulan
untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya dukungan keluarga untuk memajukan olahraga di Indonesia, bahkan dunia.

Berbagai instansi dan lembaga terkait turut dilibatkan untuk meramaikan kegiatan ini. Diantaranya yaitu, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Perlindungan Anak dan Perempuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, BKKBN, IGTKI (Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia) & IGRA (Ikatan Guru Raudhatul Athfal), KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia), TMII, Museum Olahraga Nasional, Pakar, Praktisi & Akademisi di bidang anak dan usia dini.

Dengan dukungan dari berbagai pihak, Pemerintah berharap suksesnya Gerakan Ayo Olahraga khususnya di kalangan anak usia dini dapat tercapai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya