Cabang Tak Diunggulkan Justru Sumbang Medali Indonesia

Menpora, Imam Nahrawi sedang menenangkan atlet sepak takraw yang menangis
Sumber :
  • Dok. Kemenpora

VIVA.co.id – Kontingen Indonesia di SEA Games ke-29 di Kuala Lumpur, Malaysia, cukup banyak meraih medali dari cabang-cabang olahraga yang tidak diunggulkan.

Pemain Timnas Juga Sempat Jadi Korban Aksi Kampungan Suporter Malaysia

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menyebut sejumlah cabor itu di antaranya panahan, wushu, serta menembak.

"Cabang-cabang olahraga yang tidak diunggulkan, tidak diprediksi mendapat medali, ternyata dapat. Oleh karena itu, harus dilakukan lebih detail lagi persiapan pertandingannya (hingga akhir SEA Games)," ujar Imam usai bertemu Wakil Presiden RI Jusuf Kalla di Kantor Wakil Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 23 Agustus 2017.

Pemerintah Didesak Segera Perbaiki Kebijakan Olahraga RI

Imam baru saja melaporkan tentang kemajuan partisipasi Indonesia di pesta olahraga dua tahunan antarbangsa-bangsa se-Asia Tenggara itu kepada JK.

Menurut Imam, sejumlah cabor yang diunggulkan justru belum mendapat medali hingga hari kelima pelaksanaan SEA Games hari ini. Salah satunya adalah karate.

Meski demikian, Imam memakluminya. Pasalnya, ada juga sejumlah cabor yang perolehan nilainya memang dihitung dari penilaian subjektif juri, bukan aturan baku seperti cabor-cabor permainan.

Bonus Peraih Medali SEA Games Cair Lebih Cepat

"Penilaiannya tentu ada juga yang lebih kepada subjektivitas pengambil keputusan di lapangan, seperti karate, yang ada jurinya. Subjektivitas sangat dominan," ujar Imam

Dikutip dari situs resmi SEA Games, Indonesia pada hari ini menduduki peringkat 5 dengan 13 emas. (one)

Perenang Indonesia, Triady Fauzi Sidiq.

SEA Games 2019, Perenang Andalan Indonesia Hanya Dapat Perunggu

Padahal SEA Games 2017 dapat emas.

img_title
VIVA.co.id
5 Desember 2019