Jakabaring Siap Tampung 7.000 Atlet dan Ofisial Asian Games

Pembangunan Arena Menembak Jakabaring untuk Asian Games 2018
Sumber :
  • VIVA/Dhana Kencana

VIVA – Kawasan kompleks Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Sumatera Selatan, terus berbenah untuk mempersiapkan diri sebagai salah satu tuan rumah perhelatan pesta olahraga Asian Games 2018.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Wakil Direktur Promosi Look of the Game and City Beatification INASGOC Nurmala Dewi mengatakan, pada Asian Games nanti diperkirakan 7.000 lebih atlet dan ofisial datang ke Palembang. Seluruh tamu undangan tersebut nantinya akan ditempatkan di wisma atlet, rusunami, dan rusunawa. Di tiga tempat tersebut, sebanyak 11 tower disiapkan.

“Untuk satu tower ada 330 kamar. Dalam satu kamar bisa menampung dua sampai tiga atlet. Memang 11 tower yang disiapkan, tetapi hanya sembilan tower yang dipakai,” kata Nirmala Dewi, Rabu 6 Desember 2017.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

Seluruh kamar hotel di Palembang, menurut Dewi, telah full booking untuk persiapan Asian Games yang disewa para suporter dan tamu negara. Momen tersebut bisa dijadikan bagi warga Palembang untuk menyewakan rumah bagi para pendatang luar.

“Wisma atlet hanya menampung atlet dan ofisial, untuk suporter dan keluarga atlet biasanya akan menyewa hotel atau homestay. Terakhir, kabar dari pihak hotel seluruhnya sudah full booking. Ini bisa digunakan masyarakat Palembang dengan menyewakan rumah,” ujarnya.

Ketika Sambo Tinggalkan Jejak di Jakarta dan Palembang

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menjelaskan, dari 11 tower yang disiapkan, tiga di antaranya telah selesai. Lima tower yang baru dibangun dan tiga tower dalam tahap pembangunan.

“Setiap kamar nanti akan disebut nama atlet yang menginap dan dari negara mana, sehingga tidak salah kamar,” kata Alex.

Fasilitas wisma atlet, rusunami, dan rusunawa tersebut, tentunya dibuat bertaraf secara internasional yang telah ditetapkan. Bahkan, jarak dinning hall yang dijadikan tempat konsumsi para atlet hanya berjarak 20 meter dari wisma atlet.

“Kalau lapar mereka bisa langsung turun. Lokasinya pun dekat, hanya 20 meter. Dinning hall bisa menampung sebanyak 2.000 orang. Lokasi seluruh venue pun dekat, jika malas berjalan bisa pakai golf car,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya