MotoGP Catalunya, Valentino Rossi Kembali Mengeluh

Pembalap Tim Yamaha Movistar, Valentino Rossi
Sumber :
  • REUTERS/Jon Nazca

VIVA – Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi kembali mengeluh jelang berlangsungnya MotoGP Catalunya di Circuit de Barcelona, Minggu 17 Juni 2018. Sebab, pada sesi kualifikasi dia tak bisa maksimal.

Maverick Vinales Cetak Sejarah yang Tak Pernah Diraih Valentino Rossi, Ada Andil Suzuki

Rossi akan memulai lomba di MotoGP Catalunya dari urutan ketujuh. Tempat itu dia raih setelah catatan waktu terbaiknya dalam melahap satu putaran Circuit de Barcelona adalah 1 menit 39,266 detik.

Menurut pembalap berjuluk The Doctor tersebut, cuaca panas dan ban yang tidak bersahabat menjadi penyebab utama. Dia mengaku hingga saat ini tidak menemukan ban depan yang cocok untuk digunakan.

Valentino Rossi Gagal, Maverick Vinales Sukses

"Bagi saya, kami akan menjalani balapan aneh karena tidak memiliki ban depan yang tepat," ujar Rossi, seperti dikutip dari Crash.

Dia bahkan tak ragu menyalahkan Michellin, sebagai produsen penyetor ban ke MotoGP 2018 yang dianggap tak maksimal. Karena, pemilihan ban selalu menjadi rumit bagi Rossi.

"Alokasi ban dari Michellin itu sulit. Jenis lunak benar-benar sangat lunak, sedangkan yang medium tidak mencengkram. Jadi akan sulit untuk mencari yang strategis," imbuhnya.

Menanggapi keluhan Rossi, manajer Michellin, Piero Taramasso menolak disalahkan. Menurutnya, jenis ban yang disediakan pihaknya sudah melalui persetujuan mayoritas pembalap.

"Ada dua pilihan pada ban jenis medium, dan mayoritas memilih yang digunakan saat ini. Ada 13 pembalap yang sepakat, dan enam tidak. Jorge Lorenzo dan Rossi masuk yang tidak sepakat, tapi kami memutuskan berdasar mayoritas," tuturnya.

Keluhan Rossi terhadap ban Michellin seolah tidak ada habisnya. Semua ini tak lepas dari peraturan di MotoGP yang berubah, serta kondisi aspal sirkuit usai dilakukan perbaikan jelang musim bergulir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya