Perjalanan Marquez Menuju Juara Dunia MotoGP 2018

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez
Sumber :
  • MotoGP Pics

VIVA – Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez berhasil memastikan gelar juara dunia kelimanya dalam enam kali keikutsertaannya di MotoGP.  Apalagi, gelar yang kelima ini dipastikannya sebelum musim balap 2018 usai.

Repsol Honda Belum Tentu Tancap Gas di Awal Musim MotoGP 2024

Pada seri MotoGP Jepang, Minggu siang, 21 Oktober 2018, Marquez sukses menjadi yang tercepat. Selain itu, keberhasilan Marquez meraih gelar kelima ini disebabkan pesaing terdekatnya, Andrea Dovizioso terjatuh pada lap 20 dan membuat Marquez melenggang mulus untuk menyabet trofi yang kelimanya tersebut.

Sejak musim balap 2018 bergulir, Marquez memang menunjukkan kedigdayaannya selama di lintasan. Dari 15 seri yang telah dijalaninya, Marquez hanya dua kali gagal meraih podium yakni pada balapan di Argentina dan Italia.

Pengakuan Casey Stoner Tinggalkan Honda, Cemburu ke Marc Marquez

Sisanya, Marquez selalu naik podium dengan catatan impresif. The Baby Alien mampu menjadi yang tercepat pada 8 seri balapan musim ini dan berhasil meraih peringkat kedua sebanyak 4 kali, serta merebut posisi ketiga sekali.

Alhasil, setelah 15 seri musim balap 2018 berlangsung, pembalap asal Spanyol ini sukses mendulang 296 poin. Dan, torehan yang Marquez raih sudah tidak mungkin lagi terkejar oleh rival terdekatnya. 

Kata Marc Marquez Paling Enak di Honda, Sedikit Tekanan tapi Banyak Uang

Meski masih menyisakan tiga seri balapan lagi, Dovizioso yang berada di bawah Marquez sudah tidak mungkin lagi untuk mengejar perolehan poinnya.


Berikut fakta-fakta yang mengiringi Marquez menjadi juara dunia MotoGP 2018:

-Lima kali juara dunia MotoGP
-298 poin yang sudah diraih
-Unggul 102 poin dari pesaing terdekatnya, Andrea Dovizioso
-13 kali meraih podium sepanjang musim 2018
-8 kali menjadi yang tercepat (Amerika Serikat, Spanyol, Prancis, Belanda, Jerman, Aragon, Thailand, Jepang)
-2 kali gagal podium (Argentina dan Italia)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya