Etape VII TdS, Lintasan Super Panjang dengan Bonus Pemandangan Indah

Tour de Singkarak 2018.
Sumber :
  • VIVA/Andri Mardiansyah (10-11-18)

VIVA – Rute Etape VII Tour de Singkarak (TdS) 2018 dengan panjang lintasan sejauh 194,4 kilometer dari Kota Padang Panjang menuju Kabupaten Solok Selatan, merupakan rute terpanjang setelah Etape II yang mengambil jalur Kota Sawahlunto-Dharmasraya.

Indonesia Berpeluang Kirim Atlet Balap Sepeda ke Olimpiade 2024

Start di Kompi Markas Padang Panjang pukul 09.00 WIB, sebanyak 81 pembalap yang tersisa, bakal menghadapi tantangan di dua titik King Of Mountain yang terdapat di Batudalam dan Lubuk Selasih dan tiga titik sprint yang masing-masing terdapat di Singkarak, Surian dan Muara Labuh, sebelum kemudian finis di Kantor Bupati Solok Selatan pukul 14.00 WIB.

Dipastikan, persaingan antara pembalap pada etape VII ini bakal bertambah sengit. Masing-masing pembalap akan berusaha tampil maksimal guna meraih gelar juara umum. Perolehan catatan waktu hingga etape VII ini pun sangat dekat. 

Tim Balap Sepeda Indonesia ASC Monsters Juara Umum di Tour of Phuket

Tiga pembalap teratas di klasemen sementara, berusaha mengeluarkan kemampuan maksimal dengan menjadi yang tercepat di satu etape tersisa guna mengunci gelar juara umum TdS 2018.

Untuk sementara, pembalap berdarah Australia atas nama Jesse Ewart dari Sapura Cycling Team Malaysia masih kokoh memimpin puncak klasemen sementara dengan total akumulasi waktu 22.29.29.

Terpopuler: Timnas Jepang Hajar Thailand 5-0, Juara Dunia Tewaskan Istri Sendiri

Jesse harus tetap tampil konsisten hingga etape akhir, jika tak ingin gelar juara lepas dari tangannya. Sebab, pembalap bernama Phounsavath Ariya dari Thailand Continental Cycling Team sepertinya mampu menempel catatan waktu Jesse. Total waktu yang dibukukan Phounsavath yakni 22.29.51, disusul urutan ketiga, pembalap bernama Holler Nikodemus dari Bike Aid Germany Team dengan total waktu 22.30.09

Sementara untuk Best Indonesia Rider masih dipegang Hibatullah Jamal yang memperkuat PGN. Jamal membukukan total waktu 2.35.37, disusul Fikri Azka Mohammad dari ACC dengan total waktu 2.35.37 dan posisi ketiga diamakan Jamalidin Novardianto dari PGN dengan total waktu 2.36.65. 

Bonus Pemandangan Indah

Meski terbilang rute yang cukup panjang dan menguras tenaga, seluruh pembalap mendapatkan bonus lebih di rute ini. Keindahan Danau Singkarak, Kebun Teh, Danau Kembar dan Kawasan Seribu Rumah Gadang, dipastikan akan kembali memberikan sensasi kepada seluruh pembalap.

Selain itu, ketika finis di Kabupaten Solok Selatan, seluruh pembalap akan dimanjakan dengan atraksi kesenian tradisional dan jamuan makanan khas di sana.

Bagi Kabupaten Solok Selatan, kedatangan pembalap dan seluruh ofisial pada etape ini, sangat dinanti. Sebab, sudah beberapa kali absen di ajang TdS. Buruknya kondisi rute, menyebabkan hal tersebut.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya