Terus Diusik, Ducati Ancam Laporkan Balik Honda

Marc Marquez vs Andrea Dovizioso
Sumber :

VIVA - Kemenangan Andrea Dovizioso di MotoGP Qatar 2019 berujung pada protes keras yang dilancarkan para rivalnya. Salah satunya adalah Honda yang menilai Ducati menggunakan komponen ilegal pada motornya.

Maverick Vinales Cetak Sejarah yang Tak Pernah Diraih Valentino Rossi, Ada Andil Suzuki

Selain Honda ada Suzuki, KTM dan Aprilia yang memprotes soal perangkat aerodinamika di swing arm (lengan ayun) belakang motor Desmosedici GP19. Hasil investigasi MotoGP, Ducati dinilai tak langgar aturan dan menolak protes keempat pabrikan tersebut.

Namun, keempat tim tersebut melakukan banding atas putusan tersebut. Pengadilan banding pun bakal akan mengumumkan keputusan tersebut sebelum balapan Argentina pada 31 Maret mendatang.

Valentino Rossi Gagal, Maverick Vinales Sukses

General Manager Ducati, Gigi Dall’Igna kepada Sky Sport Italia, heran degan perilaku Honda. Dia juga menyinggung KTM dan Aprilia yang seharusnya lebih memikirkan mengembangkan motornya sendiri ketimbang melakukan hal tersebut.

“Saya cukup terkejut dengan perilaku Honda yang, selain menjadi protagonis kejuaraan dunia, juga merupakan salah satu pendiri MotoGP modern bersama Ducati dan Yamaha [yang tidak memprotes],” kata Gigi Dall’Igna kepada Sky Sport Italia.

Meyakini Kebangkitan Marc Marquez di MotoGP Spanyol 2024

“Saya tidak banyak bicara tentang hal ini dalam kasus KTM dan Aprilia. Jika saya adalah mereka sekarang, saya akan memikirkan sesuatu yang lain dan sedikit mencoba mengembangkan motor," lanjutnya.

Dia menambahkan bila Honda dan Suzuki memiliki tujuan berbeda. Di mana, kedua tim tersebut sepertinya berharap akan pembatalan gelar juara GP Qatar milik Dovizioso, yang berimbang pada penambahan poin pembalapnya yang finis kedua dan ketiga.

Terus diusik soal kinerja timnya, Gigi Dall’Igna menyebut bisa saja melaporkan Honda soal wingletnya. Menurutnya, winglet yang ada di motor Repsol Honda cukup berbahaya

“Sayap Honda benar-benar berbahaya bagi kami. Tidak hanya itu, namun karena dibuat dengan basis ramping, dapat mengalami deformasi signifikan dari beban yang mereka alami, dan juga dapat menciptakan fungsi perangkat aerodinamika yang dapat dipindahkan [yang mana dilarang]," paparnya.

“Kami tidak pernah mempertimbangkan protes dalam hal ini. Tetapi jika ada orang, terutama Honda, yang mempertanyakan kerja  (Direktur Teknis Ducati) Danny Aldridge, kami dapat mengevaluasi kemungkinan protes di balapan mendatang," ancam Gigi Dall’Igna.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya