Masalah ECU Mulai Membaik, Valentino Rossi Bisa Ngacir

Pembalap Tim Monster Yamaha, Valentino Rossi
Sumber :
  • Instagram/@valeyellow46

VIVA – Pembalap Monster Yamaha, Valentino Rossi mulai percaya diri pada MotoGP 2019. Sebab, masalah pada Electronic Control Unit (ECU) seperti musim lalu tidak lagi menjadi hambatan baginya.

Maverick Vinales Cetak Sejarah yang Tak Pernah Diraih Valentino Rossi, Ada Andil Suzuki

Rossi mengatakan, secara teknis motornya sudah bagus. Kini dia bisa memacu kendaraan dengan maksimal dan tidak lagi bermasalah ketika berada di tikungan.

"Kami mencoba bekerja di sisi elektronik untuk meningkatkan akselerasi karena kami selalu bermasalah saat keluar dari tikungan. Kami juga mendapatkan keseimbangan yang lebih baik dibanding musim lalu," tutur Rossi, dikutip dari Crash.

Valentino Rossi Gagal, Maverick Vinales Sukses

ECU menjadi salah satu faktor kunci pada tunggangan pembalap MotoGP. Rossi pernah mengatakan, komponenseperti sasis, ban, swingarm, dan lainnya hanya memegang 25 persen kesalahan, sedangkan sisanya adalah ECU.

Meski saat ini sudah merasa ada kemajuan dibanding musim lalu, tapi pembalap The Doctor tak mau berhenti. Dia bersama tim mekanik Yamaha masih terus melakukan inovasi hingga mendapat hasil terbaik.

"Kami mencoba bekerja pada rem mesin, akselerasi, dan kehalusan mesin. Sepertinya kami membutuhkan waktu karena kami punya beberapa bagian yang harus ditingkatkan. Sekarang kami mengikuti jalan yang benar," kata Rossi.

Hasil positif Yamaha dalam upaya memperbaiki kinerja ECU bisa tergambar dari pencapaian Rossi musim ini. Dari tiga balapan, pria asal Italia itu sudah mengoleksi 51 poin, atau bersilisih tiga angka dari Andrea Dovizioso yang bertengger di puncak. (ren)

Duel Pedro Acosta dan Marc Marquez

Seperti Rossi, Marc Marquez Sadar Jika Pedro Acosta Berpeluang Juara Dunia

Rookie MotoGP, Pedro Acosta menjadi salah satu pembalap yang mencolok dan berhasil mengalahkan Marc Marquez di beberapa seri awal musim ini. Marquez akui Acosta hebat.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024