'Gaya Bebek' yang Bikin Awhin Sanjaya Berjaya di Balapan Basah Suzuka

Pembalap AHRT, Ahwin Sanjaya, juara race 2 AP250 ARRC 2019 di Sirkuit Suzuka
Sumber :
  • Astra Honda Racing Team (AHRT)

VIVA – Strategi "gaya bebek" dan setelan motor pas mengantarkan pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT), Awhin Sanjaya, sukses menjadi juara di race 2 kelas Asia Production (AP) 250 ajang Asia Road Racing Championship (ARRC) 2019 di Sirkuit Suzuka Jepang, Minggu 30 Juni 2019. Padahal, Awhin membalap di Suzuka dalam kondisi basah (wet race).

Curhat Mengharukan Rider Malaysia yang Lindas Pembalap Jepang hingga Tewas di Sirkuit Mandalika

Seperti yang dirasakan VIVA secara langsung di Jepang, sirkuit legendaris Suzuka memang dikenal dengan cuacanya yang susah diprediksi. Cuaca cerah tiba-tiba bisa berubah menjadi gerimis dan hujan. Para pembalap yang tampil di race 2 kelas Asia Production (AP) 250 pun harus hati-hati dan pasang strategi tersendiri.

"Saya belum pernah balapan di ARRC dalam kondisi hujan. Makanya, saya ubah gaya balap seperti saat memakai motor bebek di MotoPrix (kejuaraan nasional)," kata Awhin seusai balapan. "Untuk motor, pakai setelan seperti free practice pada Jumat."

Awhin Sanjaya di paddock Astra Honda Racing Team (AHRT).

Pernyataan MGPA Atas Meninggalnya Pembalap Jepang Haruki Noguchi

"Saya membalap dengan badan agak tegak dan tak terlalu miring atau mepet dengan motor, seperti saat naik motor bebek. Itu agar motor lebih stabil," terang Awhin. "Karena baru kali ini saya membalap dalam kondisi hujan dengan motor sport."

Strategi "gaya bebek" pembalap 20 tahun itu pun sukses mengantarkannya menjadi juara. Padahal, seusai gagal total di race 1 karena tak naik podium, dalam evaluasi bersama manajemen AHRT, Awhin hanya ditargetkan masuk podium.

Ketegangan yang Terjadi saat Haruki Noguchi Kecelakaan di Sirkuit Mandalika

Pembalap asal Luwu Utara, Sulawesi Selatan, itu pun meraih gelar juara pertama di ajang ARRC 2019. Dari trio pembalap AHRT di kelas AP250, baru Awhin yang mampu juara race bersama Lucky Andriansyah di race 1 seri 1 di Sirkuit Sepang, Malaysia.

Ahwin yang menjadi bagian trio pembalap AHRT di kelas AP250 bersama Irfan Ardiansyah dan Lucky Andriansyah tentunya berharap bisa meneruskan hasil bagus di Suzuka di seri berikut yakni di Sirkuit Zhuhai, China, 8-11 Agustus 2019. Meski Ahwin dan Irfan mengaku belum punya bayangan membalap di Zhuhai yang merupakan seri baru ARRC 2019.

Pembalap AHRT di ARRC Buriram

Pembalap Astra Honda Racing Team Raih Podium di ARRC Buriram

Dua pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT) meraih podium perdana di kelas Asia Production (AP) 250 dan Supersport (SS) 600 saat turun di race pertama ARRC Buriram.

img_title
VIVA.co.id
17 Maret 2024