Bikin Pembalap Senior Kewalahan, Siapa Sih Fabio Quartararo?

Pembalap tim Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo
Sumber :
  • Luis Gene/AFP

VIVA – Sudah 15 seri balap MotoGP digelar tahun ini, sehingga tersisa hanya empat balapan lagi. Dari belasan gelaran itu, ada satu fakta yang unik, yakni munculnya pembalap pemula Fabio Quartararo.

Insiden Marc Marquez di MotoGP Portugal 2024, Federal Oil Buka Suara

Kehadiran Fabio membuat banyak orang terhenyak. Mereka tidak menyangka, anak kemarin sore di dunia MotoGP itu bisa membuat para pembalap senior kewalahan.

Berdasarkan data dari laman resmi MotoGP, dilansir Rabu 9 Oktober 2019, dari 15 seri yang dijalani tahun ini, Fabio naik podium sebanyak lima kali. Yakni di GP Catalunya, Belanda, Austria, San Marino, dan Thailand.

Jorge Martin Wins the 2024 Portugese MotoGP

Tak hanya itu, pemuda berusia 20 tahun itu juga mengawali balapan di urutan pertama sebanyak empat kali, yaitu di Spanyol, Catalunya, Belanda, dan Thailand. Ia juga menjadi pembalap tercepat di Qatar dan Prancis.

Lalu, siapa sebenarnya Fabio Quartararo? Berikut beberapa data mengenai dirinya:

MotoGP Portugal 2024: Sang Juara Dunia Tabrakan dengan Marc Marquez, Jorge Matin Berjaya

Mulai balapan dari usia 4 tahun

Fabio lahir di Nice, Prancis. Sejak usia 4 tahun, ia sudah mengikuti ajang balap lokal untuk anak-anak seusianya.

Belajar dari Playstation

Saat pertama terjun ke dunia balap internasional, Fabio hanya pernah mengaspal di empat sirkuit saja. Ia mempelajari karakter sirkuit lainnya dari Playstation.

Disebut sebagai penerus Marquez

Prestasinya di dunia balap, membuat Fabio dijuluki sebagai penerus dari Marc Marquez. Namun, gaya balapan keduanya jauh berbeda.

Jarang jatuh

Meski bisa melaju sama cepatnya dengan pembalap senior, namun Fabio jarang memaksa kemampuan motornya, sehingga ia jarang harus merasakan panasnya aspal sirkuit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya