Minta Kejelasan Soal Rio, Manor Bakal Datang ke Indonesia

Pembalap Indonesia, Rio Haryanto, saat masih di GP2.
Sumber :
  • Rio Haryanto
VIVA.co.id
Alasan Legenda F1 Lewis Hamilton Ingin Ganti Nama
- Nasib pembalap Indonesia, Rio Haryanto, yang tengah diproyeksikan untuk berlaga di balapan Formula 1 (F1), hingga kini belum jelas. Terbaru, muncul kabar bahwa pihak Manor Motorsport, tim yang akan dibela Rio, bakal datang ke Indonesia demi meminta kejelasan status.

Rio hingga sekarang masih terganjal masalah dana agar bisa tampil di F1. Setidaknya, pemuda 23 tahun tersebut harus menggelontorkan uang hingga €15 juta euro atau setara Rp227 miliar demi bisa mengamankan satu kursi di mobil F1 Manor.

Namun, hingga sekarang, jumlah tersebut masih belum bisa dipenuhi. Rio diketahui baru memiliki uang Rp178,4 miliar. Uang tersebut berasal dari dana sponsor Pertamina dan perjanjian kerjasama Kemenpora melalui KONI.

"Soal Rio, dua hari lalu saya dapat info terbaru. Kami dapat salinan surat dari Stephen Fritzpatrick, bosnya Manor. Dalam surat itu, mereka mengaku tetap memberikan perhatian kepada Rio," terang Kepala Komunikasi Publik Kemenpora, Gatot S Dewa Broto, di kantornya, Selasa pagi, 8 Februari 2016.

"(Masih dalam surat) mereka mau datang ke Indonesia. Belum tahu kapan pastinya, tapi pekan ini," lanjutnya.

Posisi pembalap kelahiran Solo tersebut di Manor sebenarnya cukup berbahaya. Isunya, tim asal Inggris tersebut tengah mempertimbangkan untuk merekrut Pascal Wehrlein karena belum ada kejelasan dari Rio. Dan hingga sekarang, hanya Manor yang belum mengumumkan 2 pembalap utamanya untuk F1 musim depan.

"Kami tak tahu pasti kapan batas waktu bagi tim-tim F1 mengumumkan pembalap. Tapi, dari surat itu, kami menerjemahkan Manor sangat 'jatuh hati' kepada Rio. Tapi, konteks 'jatuh hati' yang berbayar," kata Gatot. (one)
RI Bakal Bangun Sirkuit F1 di Bintan, Begini Persiapannya
Denah lokasi sirkuit F1 di Bintan, Kepulauan Riau.

Sirkuit F1 di Indonesia akan Dibangun Megah, Begini Komentar IMI

Selain Sirkuit Mandalika yang akan menjad tempat diselenggarakannya MotoGP, Indonesia juga akan membangun sirkuit untuk penyelenggaraan Formula 1 alias F1

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022