Canggih dan Mahalnya Helm F1 Rio Haryanto

Pembalap F1 asal Indonesia, Rio Haryanto.
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Helm memang memiliki fungsi yang cukup krusial bagi seorang pembalap, khususnya untuk balapan sekelas Formula 1 (F1). Tapi, di sisi lain, helm juga menjadi identitas tersendiri bagi pembalapnya.

Begitu juga dengan Rio Haryanto, yang tahun ini turun di ajang balapan jet darat ini bersama tim Manor Racing.  Pembalap asal asal Indonesia tersebut menggunakan helm dari produsen ternama asal Jepang, Arai.

Desain dari helm yang digunakan oleh pembalap berusia 23 tahun ini cukup minimalis tapi elegan, dengan dominasi warna kuning dengan kelir warna merah dan putih. Di bagian visor atau kaca helm, terdapat stiker warna merah dan putih  bendera Indonesia dengan tulisan Pertamina.

Alasan Legenda F1 Lewis Hamilton Ingin Ganti Nama

https://pbs.twimg.com/media/CdzujEbUUAA3XTi.jpg:large

Favorit & Harga



Favorit & Harga


Helm Rio menjadi favorit salah satu media otomotif international. Tetapi, yang terpenting adalah keamanan helm itu bagi sang pembalap. Dan helm tipe GP-6RC yang dipakai Rio sudah sangat mumpuni dalam hal keamanan.

Dalam situs resmi Arai, helm tersebut terbuat dari serat karbon dan telah memenuhi standar FIA. Jadi helm tersebut memang menjadi pilihan tepat bagi para pembalap yang akan bersaing di F1, GP2, atau kelas-kelas lain di mana aturan FIA 8860-2010 berlaku.

https://pbs.twimg.com/media/Cdy_qLmXEAAQoYI.jpg

Meski terbuat dari karbon, namun helm ini cukup ringan dan memberikan kelenturan pada si pembalap. Helm ini memang memiliki aerodinamis yang sempurna, dan ventilasi udara yang membuat nyaman si pembalap.

Beberapa helm dari Arai memang dibuat tahan api atau panas, dan untuk yang digunakan Rio mampu menahan panas hingga 800 derajat celcius selama 45 detik. Panas di dalam helm tidak akan melebihi 70 derajat celcius.

RI Bakal Bangun Sirkuit F1 di Bintan, Begini Persiapannya

(Baca juga: Helm Rio Haryanto Jadi Favorit Media Asing)

Selain itu, visor atau kaca helm akan melindungi wajah dari material yang terbang sampai dengan kecepatan 300 Mph. Harga di pasaran, tipe helm ini dijual sekitar €3.500 atau setara dengan Rp51 juta, sedangkan yang digunakan Rio diprediksi mencapai Rp60 juta lebih karena memiliki spesifikasi khusus. (one)

Denah lokasi sirkuit F1 di Bintan, Kepulauan Riau.

Sirkuit F1 di Indonesia akan Dibangun Megah, Begini Komentar IMI

Selain Sirkuit Mandalika yang akan menjad tempat diselenggarakannya MotoGP, Indonesia juga akan membangun sirkuit untuk penyelenggaraan Formula 1 alias F1

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022