Terungkap, Penyebab Tewasnya Luis Salom

Mantan pembalap Moto2 Luis Salom
Sumber :
  • Motor Sport

VIVA.co.id – Penyebab tewasnya pembalap Moto2, Luis Salom akhirnya terungkap. Pembalap yang membela SAG Team tersebut meregang nyawa usai mengalami kecelakaan hebat dalam sesi latihan bebas (free practice) 2, Moto2 di Sirkuit Catalunya, Jumat, 3 Juni 2016.

Kritik Perubahan Trek Catalunya, Rossi Diserang Duo Tech 3

Disebutkan bahwa Salom mengalami kecelakaan tunggal di tikungan 12. Dia terjatuh ketika sesi latihan masih tersisa 25 menit.

Sementara dari rekaman video terlihat Salom tergelincir setelah gagal mengendalikan motornya saat menikung. Tunggangannya itu meluncur deras melewati gravel hingga akhirnya membentur tembok pembatas.

Rossi Kurang 'Sreg' Perubahan Trek Balapan MotoGP Catalunya

Menurut penyelidikan, Salom terlambat dalam menginjak rem. Dia baru mengerem lebih lambat sekitar 9 meter di tikungan 12.

"Dalam lap tersebut, Luis tiba di tikungan 12 dengan pengermean 6 km/jam lebih lambat dibandingkan yang dia lakukan di lap tercepat. Itu berdasarkan dari telemetri melihat percepatan yang rendah di pintu tikunhan 11," demikian bunyi pernyataan SAG, seperti dilansir Fox Sports Asia.

Pembalap Moto2 Tewas, Pembalap Indonesia Menggantikan?

Terlambatnya Salom dalam mengerem, membuat motornya berjalan di aspal dengan tidak teratur. Ini berbeda dengan di lap sebelumnya.

"Di luar itu, jika dibandingkan dengan kecepatan terbaik Salom di FP2, ban depan mengalami masalah, dan dia kehilangan pegangan, di saat aspal tidak teratur," bunyi pernyataan itu.

"Karena dia melepas pegangannya, maka terjadilah kecelakaan yang tragis seperti yang kita tahu."


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya