Dalih Rio Haryanto Usai Terima Hukuman Ganda di GP Austria

Pembalap muda Indonesia, Rio Haryanto.
Sumber :
  • Manor Racing Media

VIVA.co.id – Pembalap Manor Racing, Rio Haryanto, dipastikan akan start dari posisi 21. Rio mendapat hukuman penalti tiga grid usai melanggar aturan bendera kuning.

Max Verstappen Tak Terbendung di F1 GP Austria 2023

Dalam sesi kualifikasi, Rio sudah diinstruksikan untuk memperlambat laju mobilnya dengan bendera kuning yang dikibarkan. Namun, pembalap 23 tahun tersebut malah memacu mobilnya dalam kecepatan tinggi saat memasuki area bendera kuning.

Tak cuma mendapat hukuman tiga grid. Rio juga mendapatkan hukuman pengurangan dua poin.

Pole Position di F1 GP Austria 2023, Max Verstappen Terhindar dari Hukuman

Terkait hukuman ini, Rio pun angkat bicara. Dia mengaku tak mendapat jarak pandang yang jelas ketika petugas balapan mengeluarkan bendera kuning.

"Saya tak mendapatkan penglihatan yang jelas terhadap trek di percobaan kedua. Jadi, saya mencoba menunda percobaan ketiga setelah bendera merah keluar. Tapi, setelahnya bendera kuning yang keluar dan saya harus membatalkan putaran," kata Rio seperti dikutip situs resmi Manor.

Jagoan Ferrari Geram Gagal Rebut Pole GP Austria

Meski begitu, Rio masih optimistis bisa mencatatkan prestasi terbaik di GP Austria nanti. Dia yakin hasil yang dicapainya selama sesi latihan bebas hingga kualifikasi akan berdampak positif pada balapan.

"Kami perlahan-lahan sudah membuat perkembangan yang bagus dengan beberapa perubahan di mobil. Dan, saya pikir, kami bisa bersaing di balapan nanti," tutur Rio.

Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton

Termasuk Lewis Hamilton, 8 Pembalap Kena Penalti di F1 GP Austria

Lewis Hamilton terkena penalti 15 detik setelah balapan di F1 GP Austria. Delapan pembalap kena hukuman menyusul protes dari Aston Martin.

img_title
VIVA.co.id
3 Juli 2023